Punya Rumbai Ekor Indah, Tupai dari Kalimantan Ini Dijuluki Vampir Pembunuh Rusa

Minggu, 24 Desember 2023 - 13:12 WIB
loading...
Punya Rumbai Ekor Indah, Tupai dari Kalimantan Ini Dijuluki Vampir Pembunuh Rusa
Sesuai dengan namanya, Tupai tanah berumbai (Rheithrosciurus macrotis), punya ciri khas ekor yang sangat dan bulu yang indah. Foto/Live Science
A A A
JAKARTA - Sesuai dengan namanya, Tupai tanah berumbai (Rheithrosciurus macrotis), punya ciri khas ekor yang sangat dan bulu yang indah. Di balik keindahan ekornya, tupai asal Kalimantan ini mempunyai gigi tajam, dikabarkan mampu menyayat leher seekor rusa hingga mati.

Hutan Kalimantan adalah rumah bagi tupai dengan ekor yang sangat besar dan gigi yang sangat tajam ini. Dikutip dari laman Live Science, Minggu (24/12/2023), menurut cerita rakyat, gigi tajam tupai tanah mampu menyayat leher rusa.

“Tupai tanah berumbai, hewan pengerat Kalimantan pernah dipercaya untuk mengeluarkan isi perut rusa dan memakan organ tubuh mereka,” tulis laman Live Science.



Rumor mengatakan bahwa tupai tanah berumbai, yang dijuluki tupai "vampir" dalam artikel Sains tahun 2014, melompat turun dari dahan rendah ke punggung rusa dan membunuh mereka dengan menyayat vena jugularis menggunakan gigi setajam silet.

Para pemburu Dayak setempat melaporkan menemukan bangkai rusa yang isi perutnya sudah habis dan mencurigai bahwa tupai tersebut memakan isi perut, jantung, dan hati mangsanya. Di desa-desa dekat tepi hutan, tupai tanah berumbai juga dikatakan membunuh ayam peliharaan untuk dimakan jantung dan hatinya.

Namun pada tahun 2020, para peneliti menemukan bahwa tupai ini bukanlah pemakan daging yang haus darah. Sebaliknya, gigi aneh mereka, termasuk gigi seri besar di rahang atas dan bawah yang memiliki ukiran dalam seperti gergaji, digunakan untuk memakan biji yang sangat keras.

“Kita membicarakan benih dengan sangat keras sehingga manusia kuat yang memiliki palu harus bekerja keras untuk bisa mendapatkannya,” kata penulis utama Andrew Marshall, antropolog biologi di Universitas Michigan, kepada IFLscience pada saat itu.



Tupai tanah berumbai juga memiliki ekor spektakuler berbentuk gada yang 30% lebih besar dari tubuhnya. Ini merupakan salah satu ekor paling besar di antara semua mamalia, dibandingkan dengan ukuran tubuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)