Simak Perbandingan Jet Tempur Eurofighter Typhoon vs Rafale, Mana Lebih Bagus?

Senin, 25 Desember 2023 - 11:35 WIB
loading...
A A A
Pada varian-varian terbarunya, jet tempur ini juga sudah bisa membawakan senjata yang lebih canggih lagi. Sebut saja seperti rudal jelajah hingga bom berpemandu.

Saat ini, sudah cukup banyak varian yang dimiliki Eurofighter Typhoon. Operatornya pun mulai merambah ke luar Eropa, termasuk negara-negara Asia.

2. Rafale

Beralih ke Rafale, jet tempur twin-jet ini adalah hasil produksi Dassault Aviation. Pada fungsinya, pembuatannya dirancang untuk berbagai misi jarak pendek hingga jarak jauh.

Mengutip laman Airforce Technology, Rafale awalnya dikembangkan untuk Angkatan Laut dan Angkatan Udara Prancis. Namun, penggunanya mulai bertambah seiring waktu.

Pada dapur pacunya, Rafale membawakan dua mesin M88-2 dari SNECMA. Dari sekian hal menarik dari jet tempur ini, salah satunya yang cukup menonjol adalah di bagian senjata.

Tergantung peran dan misinya, Rafale dapat membawa muatan lebih dari 9 ton. Untuk jenis senjatanya, bisa disematkan seperti rudal udara Mica, rudal darat PGM100 hingga rudal anti-kapal Exocet, Penguin 3 serta Harpoon.

Selain itu, Rafale juga bisa dilengkapi rudal nuklir ASMP MBDA untuk misi khusus. Sebagaimana jet tempur lain, Rafale juga terus mendapat pengembangan atau upgrade di sejumlah sektornya.

Tak hanya fitur dan teknologinya yang semakin canggih, variannya pun menjadi lebih beragam. Lebih lanjut, jet tempur Rafale juga sudah banyak diekspor ke negara-negara lain.

Itulah sedikit perbandingan jet tempur Eurofighter Typhoon dengan Rafael.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2799 seconds (0.1#10.140)