Roket Long March-11 Sukses Luncurkan 3 Satelit dari Laut China Selatan

Selasa, 26 Desember 2023 - 14:30 WIB
loading...
Roket Long March-11 Sukses Luncurkan 3 Satelit dari Laut China Selatan
China untuk kedua kalinya sukses melalukan peluncuran satelit dari laut pada 26 Desember 2023 pukul 6.39 waktu Beijing. Foto/Xinhua
A A A
BEIJING - China untuk kedua kalinya sukses melalukan peluncuran satelit dari laut pada 26 Desember 2023 pukul 6.39 waktu Beijing. China meluncurkan roket Long March-1 yang bermuatan tiga satelit dari perairan lepas pantai Yangjiang, Provinsi Guangdong, sekitar Laut China Selatan .

Laman Xinhua melaporkan peluncuran dari Pusat Peluncuran Satelit Taiyuan di perairan lepas pantai Yangjiang, adalah misi ke-503 dari seri roket pembawa Long March. Bagi China peluncuran berbasis laut ini merupakan yang kedelapan dan yang kedua dilakukan dari Laut China Selatan.

Roket Long March-1 membawa satelit Shiyan-24C yang akan digunakan untuk eksperimen sains dan teknologi luar angkasa. China Aerospace Science and Technology Corp satelit seri Shiyan 24C diluncurkan dari kapal membawa tiga satelit eksperimental ke luar angkasa.



Satelit Shiyan 24C dikembangkan oleh Akademi Teknologi Penerbangan Luar Angkasa Shanghai, bertugas melakukan uji teknologi luar angkasa. Model roket Long March 11 dibangun oleh China Academy of Launch Vehicle Technology di Beijing dan memiliki panjang 20,8 meter, diameter 2 meter, dan berat lepas landas 58 metrik ton.

Roket Long March mampu mengirim satelit ke orbit rendah Bumi atau orbit sinkron matahari. Kedua akademi (Akademi Teknologi Penerbangan Luar Angkasa Shanghai dan Akademi China untuk Teknologi Peluncuran Luar Angkasa) tersebut merupakan anak perusahaan dari China Aerospace Science and Technology Corp, kontraktor luar angkasa terbesar di China.

Belum ada keterangan resmi yang menjelaskan spesifikasi muatan satelit Shiyan 24C. Dalam bahasa Mandarin, Shiyan atau disingkat SY, menurut beberapa ahli, seharusnya diterjemahkan sebagai “pilot” atau “percobaan.”

Namun, satelit-satelit ini lebih sering disebut sebagai “percobaan”, terjemahan yang lebih banyak digunakan. Seri lain yang bertujuan untuk mencapai tujuan serupa adalah Shijian, atau SJ berarti praktik terbaik, dipraktikkan dan Chuangxin atau CX berarti inovasi.



Baik muatan SJ maupun SY telah berkontribusi selama beberapa dekade pada Sistem Pengamatan Bumi Resolusi Tinggi China (CHEOS). Tampaknya, perbedaan dapat dibuat antara dua satelit terakhir, karena satelit Shijian lebih menyukai muatan radar dan inframerah. Di sisi lain, Shiyan lebih fokus pada satelit observasi Bumi.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2233 seconds (0.1#10.140)