Luar Biasa, NASA Berhasil Rekam Siklus Matahari di Mars

Rabu, 03 Januari 2024 - 16:08 WIB
loading...
Luar Biasa, NASA Berhasil Rekam Siklus Matahari di Mars
Wahana Curiosity milik NASA merekam dua video hitam putih yang menunjukkan satu hari di Mars, dari fajar hingga senja. (Foto: NASA)
A A A
JAKARTA - Badan luar angkasa Amerika Serikat (NASA) berhasil merekam siklus matahari di planet Mars. Pada 8 November 2023, rover Mars Curiosity milik NASA merekam dua video hitam putih yang menunjukkan satu hari di Mars, dari fajar hingga senja.

Teknologi ini menggunakan kamera anti bahaya hitam putih atau Hazcams. Rover tersebut merekam bayangan sendiri yang berpindah-pindah di permukaan Mars.

Melansir Techexplorist, Rabu (3/1/2024), sebelum konjungsi matahari di Mars, posisinya menghalangi komunikasi radio. Kemudian, Curiosity menerima perintah untuk merekam video. Tim biasanya menggunakan Hazcams untuk navigasi, namun kali ini memanfaatkannya untuk merekam gambar berdurasi 12 jam dengan tujuan mengamati awan atau puting beliung debu dan mendapatkan wawasan tentang cuaca Mars.

Inisiatif ini unik karena aktivitas Rover sengaja dibatasi selama periode konjungsi. Meskipun komunikasi berkurang, pemeriksaan rutin tetap dipertahankan sepanjang konjungsi.



Meskipun tidak merekam peristiwa cuaca yang mencolok, video yang ditransmisikan dari Curiosity setelah konjungsi mengungkapkan berlalunya waktu di Mars. Mencakup periode dari pukul 5.30 pagi hingga 5.30 sore waktu setempat, video tersebut menunjukkan siluet rover yang bergeser seiring berjalannya waktu.

Menggunakan gambar dari Hazcam depan, video pertama melihat ke tenggara sepanjang Gediz Vallis, sebuah lembah di Gunung Sharp, tempat Curiosity telah mendaki sejak 2014.

Selama matahari terbit, ketika langit Mars terang, bayangan lengan robotik rover bergeser ke kiri, dan roda depan Curiosity muncul dari kegelapan. Target kalibrasi lingkaran di bahu lengan menjadi terlihat, dan insinyur menggunakannya untuk menguji akurasi Alat Spektrometer Sinar-X Partikel Alfa, yang mendeteksi unsur di Mars.

Pada tengah hari, eksposur Hazcam depan stabil sekitar sepertiga detik. Pada saat senja, itu meningkat menjadi lebih dari satu menit, menghasilkan sensor noise yang dikenal sebagai hot pixels, yang muncul sebagai salju putih dalam gambar akhir.



Video kedua menunjukkan pandangan Hazcam belakang, melihat ke barat laut di lereng Gunung Sharp menuju lantai Gale Crater. Pandangan termasuk roda belakang kanan Curiosity dan bayangan sistem daya. Artefak yang muncul di tengah video disebabkan oleh sinar kosmik, dan kilatan di akhir disebabkan oleh panas dari sistem daya pesawat ruang angkasa yang memengaruhi sensor gambar Hazcam.

Gambar-gambar tersebut telah diproyeksikan ulang untuk memperbaiki lensa wide-angle, dan penampilan bercak, terutama dalam video kamera belakang, disebabkan oleh debu planet Mars yang mengendap di lensa selama 11 tahun.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2217 seconds (0.1#10.140)