Bawa Abu Kremasi Manusia, Pesawat Komersil Pertama ke Bulan Diluncurkan

Senin, 08 Januari 2024 - 06:45 WIB
loading...
A A A
Salah satu tokoh yang DNA-nya menuju permukaan bulan adalah Arthur C. Clarke, penulis 2001: A Space Odyssey. Di penerbangan Enterprise terdapat abu kremasi beberapa tokoh kunci Star Trek, termasuk pencipta seri Gene Roddenberry, istrinya Majel Barrett Roddenberry, dan putra mereka Eugene "Rod" Roddenberry, ditambah Nichelle Nichols (Lt. Uhura) dan putranya, Kyle Johnson.

Muatan ini sempat menuai kontroversi lantaran dianggap menjadikan bulan menjadi situs pemakaman. Presiden Navajo Nation Buu Nygren menyuarakan protes terhadap misi ini dan menyebutnya sebagai penghinaan bagi banyak budaya yang menganggap bulan sebagai situs suci .

Muatan Peregrine lainnya adalah barang yang mewakili Bumi dan prestasi manusia. Astrobotic bekerja sama dengan DHL menyusun moonbox kenang-kenangan yang akan terbang bersama Peregrine, termasuk foto, literatur, dan bahkan sepotong Gunung Everest.

Puli Space Technologies dari Hungaria dan SpaceBit dari Inggris mengirimkan plakat ke permukaan bulan. Sementara perusahaan antariksa Jepang Astroscale telah mengisi Lunar Dream Capsule dengan 185.872 pesan dari anak-anak di seluruh dunia.

Tak ketinggalan dalam misi ini, sebuah bitcoin fisik dari bursa kripto Seychelles BitMEX; dan Bitcoin Magazine Genesis Plate milik BTC Inc. berbasis di AS, yang mencakup salinan blok pertama bitcoin yang pernah ditambang.

Setelah mencapai orbit bulan, Peregrine akan tetap berada di sana selama beberapa minggu sebelum mencoba mendarat di permukaan pada 23 Februari 2024. Mengingat AS belum pernah menempatkan pendarat di bulan sejak zaman misi Apollo , ini adalah hal yang cukup menarik. Tetapi, ini adalah bisnis berisiko. Terkait dengan pendaratan bulan, ada lebih banyak upaya yang tidak berhasil daripada yang berhasil. Sebab, mendarat di bulan sangat sulit.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3024 seconds (0.1#10.140)