Jet Tempur Inggris Typhoon FGR4 Serang Houthi di Yaman, Ini Spesifikasinya!

Senin, 15 Januari 2024 - 17:00 WIB
loading...
Jet Tempur Inggris Typhoon FGR4 Serang Houthi di Yaman, Ini Spesifikasinya!
Jet Tempur Typhoon FGR4 RAF adalah pesawat tempur multi-peran yang berkemampuan tinggi dan sangat lincah. Foto: Wikipedia
A A A
JAKARTA - Sejumlah jet tempur Typhoon FGR4 RAF baru-baru ini dikabarkan menggunakan bom untuk melakukan serangan terhadap Houthi di sekitar Laut Merah.

Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak membenarkan berita tersebut dan mengatakan Angkatan Udara Kerajaan akan ikut serta dalam serangan terhadap Houthi di Yaman.

Sementara itu, seorang pejabat Houthi yang bernama Houthi Abdul Qader al-Mortada telah mengkonfirmasi di X, bahwa serangan telah dilakukan di seluruh Yaman.

“Agresi Amerika-Zionis-Inggris terhadap Yaman melancarkan beberapa serangan di ibu kota, Sanaa, Provinsi Hudaydah, Saada, dan Dhamar,” tulisnya. Jet Tempur Typhoon FGR4 RAF merupakan salah satu pesawat andalan Inggris yang dibuat oleh konsorsium Airbus, BAE Systems, dan Leonardo.

Pengembangan pesawat ini secara efektif dimulai pada 1983 dengan program Pesawat Tempur Eropa Masa Depan. Eurofighter Typhoon terkenal cukup lincah dan dirancang untuk pertempuran jarak dekat yang efektif dan unggul.

Spesifikasi Jet Tempur Typhoon FGR4 RAF
Jet Tempur Inggris Typhoon FGR4 Serang Houthi di Yaman, Ini Spesifikasinya!

Jet Tempur Typhoon FGR4 RAF adalah pesawat tempur multi-peran yang berkemampuan tinggi dan sangat lincah, mampu digunakan untuk berbagai operasi udara, termasuk pengawasan udara, dukungan perdamaian, dan konflik intensitas tinggi.

Pesawat terbuat dari komposit serat karbon, glass-reinforced plastic, aluminium lithium, titanium dan aluminium casting. Menurut laman Royal Air Force, Typhoon FGR4 RAF mampu menyerang berbagai sasaran. Dalam perannya di udara, pesawat ini menggunakan Advanced Short Range Air-to-Air Missile (ASRAAM) berpemandu inframerah.

Typhoon juga dapat menggunakan Instrument Landing System (ILS) untuk mendarat dalam cuaca buruk.

Beralih ke persenjataan, pada bagian internal pesawat ini telah terpasang senapan Mauser BK27mm adalah sistem senjata revolver dengan sistem umpan amunisi linkless tertutup.

Inggris biasanya akan membekali pesawat ini dengan persenjataan tambahan seperti rudal jelajah stand-off MBDA Storm Shadow / Scalp EG, dan MBDA Sulfur anti-armor rudal.


Untuk mesin, pesawat ini diberkati dengan dua mesin Eurojet EJ200, yang masing-masing memberikan dorongan daya dari 90 kN di reheat penuh dan 60 kN dalam mode daya kering.

Dari segi performa, pesawat ini mampu mencapai kecepatan maksimal hingga Mach 1,1 atau 1,5. Sebab itulah pesawat ini terkenal lincah. Itulah spesifikasi dari Jet Tempur Typhoon FGR4 RAF, pesawat tempur Inggris yang terkenal akankelincahannya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4481 seconds (0.1#10.140)