5 Senjata Paling Mematikan Iran, Bikin Israel dan Amerika Ketar-ketir

Kamis, 18 Januari 2024 - 18:30 WIB
loading...
5 Senjata Paling Mematikan Iran, Bikin Israel dan Amerika Ketar-ketir
Iran menjadi salah satu negara dengan militer terkuat di kawasan Timur Tengah. (Foto: Armen Press)
A A A
JAKARTA - Iran menjadi salah satu negara dengan militer terkuat di kawasan Timur Tengah. Keandalan sistem persenjataan ditopang dengan militansi dan skill mumpuni para prajurit membuat rival abadinya, Israel dan Amerika ketar-ketir.

Kekuatan militer inilah yang membuat Israel, Amerika dan sekutunya tak berani gegabah menyikapi dugaan keterlibatan Iran dalam krisis di Gaza, Laut Merah bahkan Rusia. Namun, ketegangan di antara mereka semakin memuncak.

Kabar terbaru, pada Selasa kemarin, pasukan Garda Revolusi Islam memamerkan salah satu senjata paling mematikan Iran. Senjata tersebut mampu melontarkan misil balistik ke target lebih dari 1.000 km jauhnya. Empat misil Kheibar-Shekan ini diarahkan ke kelompok pemberontak di Idlib, Suriah dari provinsi Khuzestan di barat daya Iran.

Serangan ini memecahkan rekor jangkauan Iran dalam penggunaan misil dalam pertempuran serta serangan misil utama pertama dari basis Khuzestan Garda Revolusi sejak perang Iran-Irak 1980-1988. Singkat cerita, kemampuan Kheibar-Shekan dapat dengan mudah menjangkau wilayah Israel atau salah satu dari sekitar 12 pangkalan militer Amerika di Timur Tengah.

Selain misil Kheibar-Shekan, Iran juga masih memiliki sederet senjata mematikan lain, apa saja? Berikut ulasannya dilansir dari Sputnik, Kamis (18/1/2024).


1. Rudal Hipersonik Fattah-1

5 Senjata Paling Mematikan Iran, Bikin Israel dan Amerika Ketar-ketir


Fattah-1 merupakan misil hipersonik baru milik Iran dengan jangkauan 1.400 km dan dapat melaju hingga Mach 13-15. Dengan kecepatan dan kemampuan bermanuver yang dimiliki, misil ini sulit diantisipasi sistem pertahanan udara mana pun.

Hanya beberapa bulan setelah Fattah-1 diluncurkan pada 2023 lalu, Iran memamerkan rudal jelajah dengan kendaraan pandu hipersonik yang dikenal sebagai Fattah-2. Spesifikasi misil misterius tersebut belum diketahui dan berbeda dengan Fattah-1.

2. Rudal Abu Mahdi

5 Senjata Paling Mematikan Iran, Bikin Israel dan Amerika Ketar-ketir


Pada 3 Januari 2020, serangan drone AS menewaskan pemimpin milisi senior Irak Abu Mahdi al-Muhandis dan Komandan Pasukan Quds IRGC Qasem Soleimani di Baghdad. Iran merespons dengan mengebom pangkalan AS di Irak dengan misil balistik. Sebagai penghormatan kepada komandan Irak yang terbunuh itu, Iran Aviation Industries Organization (IAIO) menamai rudal jelajah angkatan laut Iran yang terbaru dan paling canggih dengan namanya.

Diperkenalkan pada Agustus 2020, Abu Mahdi adalah rudal jelajah naval sepanjang 6 meter, lebar 0,55 meter, berat 1.650 kilogram dengan rentang sayap 3,1 meter dan hulu ledak bahan peledak tinggi seberat 410 kilogram.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)