Viral 2024 Tahun Janda, Benarkah?

Sabtu, 27 Januari 2024 - 16:00 WIB
loading...
Viral 2024 Tahun Janda, Benarkah?
Media sosial di China dihebohkan dengan perdebatan tentang 2024 sebagai Tahun Janda. (Foto: Reuters)
A A A
JAKARTA - Media sosial di China dihebohkan dengan perdebatan tentang 2024 sebagai Tahun Janda sehingga tidak cocok untuk menikah. Perdebatan ini berujung pada desakan agar pemerintah China turun tangan untuk meredam mitos tersebut. Sebab, ada kekhawatiran tentang penurunan angka kelahiran dan kenaikan angka kematian.

Dalam Kalender China, 2024 merupakan Tahun Naga. Mitos yang beredar menyebut 2024 adalah Tahun Janda, sehingga menjadi tahun yang buruk untuk menikah.

"Ada desas-desus rakyat bahwa tahun ini adalah Tahun Janda dan tidak cocok untuk menikah. Ini sangat menyimpang dari akal sehat umum dan ilmiah," demikian bunyi surat ke Kementerian Urusan Sipil China yang viral di media sosial dilansir dari Business Insider, Sabtu (27/1/2024).

Belum jelas siapa yang mengirim surat pada awal Januari tersebut melalui forum kementerian yang menerima pertanyaan terbuka dari warga. Namun, intinya mereka meminta Beijing untuk mengeluarkan pengumuman publik yang menyarankan agar orang tidak membiarkan takhayul memengaruhi keputusan hidup mereka.



Dan tampaknya aspirasi ini disambut oleh pemerintah. "Kami memberikan perhatian pada saran yang Anda ajukan," tulis Kementerian Urusan Sipil China.

Respons ini memicu pembicaraan tentang validitas kepercayaan rakyat , dengan lebih dari 300 juta tayangan mengenai topik ini di Weibo. Kepercayaan atau mitos ini melibatkan ketiadaan hari awal musim semi, yang juga dikenal sebagai lichun, di awal tahun lunar. Lichun tahun ini jatuh pada 4 Februari, sebelum Tahun Baru Imlek Tiongkok dimulai pada 10 Februari, yang berarti tahun yang akan datang tidak akan menyertakan awal musim semi.

Tahun lunar seperti ini kadang-kadang disebut sebagai Tahun Janda karena takhayul kuno mengaitkan musim semi dengan energi maskulin, dan menikah pada saat itu dianggap membawa sial dan perceraian. "Pada tahun mana tidak ada janda? Apa hubungannya musim semi dengan itu?" tulis blogger Beijing, Crying, Giggling, Laughing di Weibo.

"Pasti ada alasan di balik tradisi rakyat ribuan tahun," tulis orang lain membela takhayul tersebut.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2517 seconds (0.1#10.140)