Viral 2024 Tahun Janda, Benarkah?

Sabtu, 27 Januari 2024 - 16:00 WIB
loading...
A A A
Tahun Janda bukanlah kejadian langka. Tahun Imlek 2016, 2018, 2019, dan 2021 semuanya tidak memiliki lichun. Namun, pernikahan menjadi area kekhawatiran yang semakin meningkat bagi China seiring laporan terbaru pada 2023 yang menyebut populasi negara itu untuk pertama kalinya sejak era Mao Zedong, sedang menyusut.

Tingkat kelahiran dan pernikahan telah menurun dalam beberapa tahun terakhir, menandakan populasi China secara keseluruhan akan menua lebih cepat daripada akumulasi kekayaan. Masyarakat yang menua dengan cepat menjadi perhatian bagi banyak negara Asia Timur, tetapi mereka dilengkapi dengan PDB per kapita yang jauh lebih besar daripada yang dapat dibanggakan oleh China.

Untuk itu, pemerintah telah mengkampanyekan orang muda menikah, mulai dari propaganda yang mendorong perempuan pekerja untuk kembali ke kampung halaman dan mencari pasangan lajang hingga insentif pengantin perempuan yang menikah di bawah usia 25 tahun.

Sejauh ini, statistik menunjukkan strategi ini belum berhasil. Orang muda di China mengatakan mereka semakin sulit untuk mampu memenuhi prasyarat sosial yang diterima untuk menikah, seperti memiliki mobil dan properti.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1666 seconds (0.1#10.140)