Pecahan Meteorit Langka yang Meledak di Langit Jerman Berhasil Ditemukan

Sabtu, 27 Januari 2024 - 20:00 WIB
Asteroid 2024 BX1 memiliki ukuran perkiraan sekitar 1 meter, yang bahkan tidak sebanding dengan ukuran jerapah, sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran besar. Kehancuran saat melewati atmosfer adalah suatu keniscayaan. Tetapi mengumpulkan potongan yang mungkin bertahan sangat penting.

Jika cepat ditemukan, maka meteorit akan tetap relatif tidak terpapar Bumi, berpotensi memberikan sampel asteroid yang hampir primitif - tidak sebaik apa yang dibawa misi seperti OSIRIS-REx , tetapi ini diantar langsung ke bumi.

Penelitian tentang meteorit dan misi pengambilan sampel sangat penting untuk membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar tentang pembentukan Tata Surya.

Sistem prediksi asteroid juga sangat penting untuk keselamatan Bumi, menunjukkan bahwa objek yang berpotensi mengancam yang dapat menyebabkan kerusakan dapat terdeteksi dengan waktu untuk memberi tahu atau mengungsikan penduduk yang terkena dampak.

Masih ada keterbatasan pada sistem pertahanan planet Bumi, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi kemajuan luar biasa dalam melindungi umat manusia dari Objek Dekat Bumi yang mungkin berbahaya.