Fenomena Alam Langka! Air Mengalir di Sungai Klamath untuk Pertama Kalinya

Minggu, 28 Januari 2024 - 09:57 WIB
Fenomena Alam Langka! Air Mengalir di Sungai Klamath untuk Pertama Kalinya
Fenomena Alam Langka di Sungai Klamath. FOTO/ IFL
CALIFORNIA - Air mengalir bebas di Sungai Klamath untuk pertama kalinya dalam satu abad. Air di belakang tiga bendungan di sungai tersebut telah dilepaskan, menandai tonggak penting dalam upaya untuk memulihkan ekosistem sungai yang rusak.

Seperti dilansir dari IFL Science, Minggu (28/1/2024), pembongkaran bendungan ini merupakan hasil kerja keras selama bertahun-tahun dari masyarakat adat Klamath, aktivis lingkungan, dan pemerintah federal.

Bendungan-bendungan tersebut dibangun pada awal abad ke-20 untuk menyediakan irigasi dan pembangkit listrik tenaga air, tetapi mereka juga telah memiliki dampak negatif yang signifikan pada ekosistem sungai.

Air yang mengalir bebas akan membantu memulihkan habitat ikan salmon, yang telah berkurang drastis di Sungai Klamath.

Salmon adalah bagian penting dari budaya dan ekonomi Klamath, dan mereka menyediakan makanan bagi banyak spesies hewan lainnya.

Pembongkaran bendungan ini juga akan membantu meningkatkan kualitas air di Sungai Klamath.
Bendungan-bendungan tersebut telah menghalangi aliran air dan menyebabkan pengendapan sedimen, yang dapat menyebabkan polusi dan kesehatan air yang buruk.

Air yang mengalir bebas di Sungai Klamath merupakan kemenangan besar bagi lingkungan dan komunitas Klamath.

Ini adalah langkah penting dalam upaya untuk memulihkan ekosistem sungai yang rusak dan memastikan keberlanjutan salmon.