3 Keunggulan Rudal Fateh 110 Iran, Rudal Balistik yang Tandingi Milik Amerika Serikat

Kamis, 01 Februari 2024 - 09:57 WIB
loading...
3 Keunggulan Rudal Fateh 110 Iran, Rudal Balistik yang Tandingi Milik Amerika Serikat
Rudal Fateh 110 jadi rudal balistik yang ditakuti oleh Amerika. Foto: Wikipedia
A A A
JAKARTA - Rudal Fateh 110 Iran digadang-gadang jadi salah satu senjata yang bisa tandingi Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat (ATACMS) milik militer Amerika Serikat atau pun rudal jelajah jarak jauh Taurus buatan Jerman.

Menurut Missile Threat, Fateh-110 merupakan rudal balistik jarak pendek berbahan bakar padat versi modifikasi dari Zelzal-2 dengan tambahan sistem kontrol dan panduan.

Meskipun program ini berbasis di Iran, rudal tersebut diyakini menggunakan komponen dari kontraktor Tiongkok. Iran telah meluncurkan beberapa rudal Fateh, dalam operasi militer sejak tahun 2017.

Rudal Fateh 110 Iran memiliki panjang 8,86 meter, diameter 0,61 meter, dan berat 3.450 kg. Rudal ini telah memasuki pelayanan di Teheran sejak tahun 2004.

3 Keunggulan Rudal Fateh 110 Iran

1. Punya Jangkauan hingga 500 km
3 Keunggulan Rudal Fateh 110 Iran, Rudal Balistik yang Tandingi Milik Amerika Serikat

Sejumlah rudal Fateh-110 diketahui punya jangkauan hingga 500 km. jangkauan tersebutlah yang setara dengan ATACMS milik AS dan rudal jelajah Taurus punya Jerman.

Penilaian tersebut muncul ketika pembatasan yang diberlakukan PBB saat ini berakhir pada 18 Oktober 2023 lalu. Meski begitu, rata-rata jangkauan dari varian rudal balistik ini hanya mencapai 200 sampai 300 km saja.

Dengan jangkauan yang cukup jauh ini Rusia dikabarkan tertarik untuk mendapatkan rudal milik Iran tersebut. Ketertarikan ini muncul setelah pejabat senior militer Moskow dan Teheran meninjau senjata itu pada Agustus dan September lalu.

2. Punya Akurasi Tinggi

Analis Militer untuk lembaga International Institute for Strategic Studies (IISS), Fabian Hinz mengatakan pada Newsweek (2/10/2023), jika Fateh-110 adalah rudal yang menunjukkan pendekatan Iran terhadap pengembangan rudal.

"Teheran membangun kemampuannya secara bertahap untuk membuat setiap generasi rudal berdasarkan Fateh-110 awal lebih efektif dan akurat," menurutnya. Rudal ini juga disebut bakal jadi rudal berpemandu presisi yang bagus.

3. Harga yang Murah

Salah satu keunggulan rudal Fateh 110 Iran yang membuatnya diincar oleh Rusia adalah karena harganya yang murah. Bagi Moskow, tambahan rudal yang relatif murah mungkin berguna dalam upaya perangnya yang melelahkan di Ukraina.

Menurut Jewish Institute for National Security Affairs, harga rudal Fateh-110 diperkirakan hanya USD 110.000 saja. Berbeda jauh dengan ATACMS yang harganya mencapai USD 820.000 hingga USD 1,7 juta.

Selain ketiga hal tersebut, rudal Fateh-110 juga diketahui memiliki daya ledak besar. Namun belum diketahui pasti seberapa besar angka dari daya ledak tersebut.



Lembaga think tank mengungkapkan jika, "misil ini kemungkinan besar dimaksudkan untuk mengirimkan hulu ledak dengan daya ledak tinggi, bahan kimia, atau submunisi, dan diperkirakan memiliki kemampuan nuklir."

Itulah tiga keunggulan dari rudal Fateh 110 milik. Secara kemampuan jangkauan, rudal ini memang mampu setara dengan beberapa rudal hebat, namun dari sisi daya ledak masih belum diketahuisecarapasti.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4574 seconds (0.1#10.140)