Arsitek Inggris Sabet Penghargaan Desain Lift Luar Angkasa, Ini Bentuknya

Kamis, 01 Februari 2024 - 17:13 WIB
loading...
Arsitek Inggris Sabet Penghargaan Desain Lift Luar Angkasa, Ini Bentuknya
Desain Lift Luar Angkasa, Ini Bentuknya.. FOTO/ THE SUN
A A A
LONDON - Seorang arsitek asal Cumbria , Inggris berhasil mencuri perhatian netizen setelah mengungkap rencana tak biasa membangun lift yang mampu mengangkut manusia ke luar angkasa.



Disebut Ascensio, elevator tersebut terdiri dari kabel panjang yang menambatkan asteroid di orbit geosynchronous ke platform terapung di Bumi.

Ide futuristik Jordan William Hughes mulai mendapat perhatian media setelah ia mempresentasikannya di TEDx Talk pada bulan Maret 2023.

Dalam presentasinya, Hughes menjelaskan bahwa Ascensio akan menggunakan kabel yang terbuat dari bahan yang sangat kuat, seperti karbon nanotube atau graphene.

Kabel tersebut akan memiliki panjang setidaknya 100.000 kilometer dan akan menempel pada asteroid yang memiliki massa sekitar 10 juta ton.

Hughes mengatakan bahwa Ascensio akan memiliki banyak keuntungan dibandingkan metode transportasi luar angkasa yang ada saat ini.

Pertama, lift ini akan jauh lebih murah dan efisien daripada roket. Kedua, lift ini akan lebih aman dan nyaman bagi penumpang. Ketiga, lift ini akan dapat membawa lebih banyak kargo dan penumpang ke luar angkasa.

Meskipun ide Hughes terdengar sangat ambisius, namun ia yakin bahwa Ascensio dapat menjadi kenyataan di masa depan. Ia telah membentuk perusahaan bernama Ascensio Space untuk mengembangkan konsep ini lebih lanjut.

Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan ide Hughes mendapat perhatian media:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1689 seconds (0.1#10.140)