Perbedaan Antara Pesut dan Lumba-Lumba, Jangan Sampai Keliru!

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 07:30 WIB
loading...
Perbedaan Antara Pesut dan Lumba-Lumba, Jangan Sampai Keliru!
Sepintas mirip, tapi pesut dan lumba-lumba adalah dua hewan yang sangat berbeda. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Pesut dan l umba-lumba memiliki tampilan fisik serupa. Hal ini bisa dilihat dari unggahan video sejenis ikan menyerupai lumba-lumba yang sempat menghebohkan Masyarakat Indonesia pada 2020 di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

Dalam unggahan video yang beredar, terlihat juga hewan tersebut loncat-loncat di atas laut seperti seekor lumba-lumba. Meskipun mirip dengan seekor lumba-lumba, tetapi hewan yang terlihat dalam unggahan video tersebut adalah pesut.

Pesut atau yang biasa disebut Irrawaddy Dolphin ini memiliki nama ilmiah Orcaella Brevirostris. Pesut juga memiliki penampilan yang mirip dengan bayi beluga. Karena populasinya yang semakin sedikit membuat pesut menjadi hewan yang dilindungi.

Perbedaan Antara Pesut dan Lumba-Lumba, Jangan Sampai Keliru!

Meskipun mirip dan berkerabat dengan lumba-lumba yang berada di laut, Spinner Dolphin atau Stenella Longirostis tetapi keduanya memiliki bentuk tubuh yang cukup berbeda.

Perbedaan yang bisa dilihat antara pesut dan lumba-lumba yaitu pesut memiliki bentuk wajah yang bulat seperti bayi beluga sedangkan lumba-lumba memiliki moncong yang sedikit lebih panjang.

Selain itu, pesut dan lumba-lumba memiliki perbedaan warna. Pesut memiliki tubuh berwarna abu-abu pada seluruh bagian tubuhnya, tetapi pada bagian perut pesut memiliki warna yang lebih terang.

Pesut termasuk hewan langka yang dilindungi karena populasinya yang semakin sedikit. Pesut hidup di air tawar pada perairan Sungai Mahakam dan perairan air tawar Filipina.

Perbedaan Antara Pesut dan Lumba-Lumba, Jangan Sampai Keliru!

Bahkan, populasi pesut di Filipina nyaris punah karena populasinya yang terus berkurang. Menurut data yang dirilis IUCN, populasi lumba-lumba juga mengalami penurunan seperti pesut.



Bahkan IUCN memasukkan lumba-lumba ke dalam list merah yaitu spesies yang terancam populasinya. Kalau pesut biasa hidup di air tawar, lumba-lumba justru biasa hidup di air asin atau laut dan menyebar secara merata sepanjang garis khatulistiwa yang memiliki iklim tropis dan subtropis.

Pesut dan lumba-lumba juga memiliki perbedaan dalam ukuran dan berat. Dari segi ukuran, pesut memiliki ukuran yang lebih unggul daripada pesut.

Pesut jantan memiliki panjang hingga 2,7 meter dan berat maksimum lebih dari 130 kilogram sedangkan lumba-lumba memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dengan panjang 2,35 meter dan berat82kilogram.

MG/Shandya Pricilla
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1790 seconds (0.1#10.140)