Ini Cara Unik Lumba-lumba Mencari Teman Sejati

Selasa, 31 Mei 2022 - 22:05 WIB
loading...
Ini Cara Unik Lumba-lumba Mencari Teman Sejati
Ternyata untuk memilih teman yang sejati, lumba-lumba punya cara yang unik yaitu melalui cairan urine. Foto/LiveScience
A A A
TEXAS - Ternyata untuk memilih teman yang sejati, lumba-lumba punya cara yang unik yaitu melalui cairan urine . Lumba-lumba juga melakukan identifikasi urine dengan menggunakan indera pengecap agar tidak salah memanggil nama rekannya.

Sejak lama para ilmuwan sudah mengetahui bahwa lumba-lumba mengidentifikasi diri mereka menggunakan suara yang disebut peluit tanda tangan yang berbeda. Setiap lumba-lumba memiliki suara yang berbeda dan mereka memanggil satu sama lain dengan meniru peluit tersebut.

Baru-baru ini, para ilmuwan mengetahui bahwa lumba-lumba hidung botol melakukan identifikasi lumba-lumba lain dengan indra perasa. Lumba-lumba mencicipi urine satu sama lain dan mengenali sumbernya.



Ini menunjukkan bahwa lumba-lumba menggunakan dua jenis input sensorik untuk melacak identitas lumba-lumba lainnya. Ini menunjukkan bahwa lumba-lumba dapat mengidentifikasi dan memilih teman berdasarkan kesamaan selera.

“Lumba-lumba harus melakukannya dengan rasa, bukan dengan bau. Sebab, cetacea tidak memiliki syaraf penciuman,” kata Jason Bruck, seorang ahli biologi di Stephen F Austin State University di Texas dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Selasa (31/5/2022).

Dalam eksperimen yang dilakukan, diketahui lumba-lumba berenang melalui gumpalan urine lumba-lumba lain, dengan mulut ternganga. “Mereka mungkin melakukannya untuk mendapatkan informasi sosial, seperti cara seekor anjing mengendus,” tambah Bruck.



Studi di masa depan dapat menyelidiki mekanisme di balik kemampuan indera pengecap lumba-lumba yang baru ditemukan ini. Identifikasi rasa oleh lumba-lumba mungkin didorong oleh pengenalan lipid yang lebih kuat dibandingkan manusia.

“Lebih mendasar, temuan ini dapat membuka jalan baru penelitian lumba-lumba. Terutama bagaimana lumba-lumba memandang satu sama lain sebagai individu,” ujar Bruck.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)