Ini Cara Unik Lumba-lumba Mencari Teman Sejati

Selasa, 31 Mei 2022 - 22:05 WIB
loading...
Ini Cara Unik Lumba-lumba Mencari Teman Sejati
Ternyata untuk memilih teman yang sejati, lumba-lumba punya cara yang unik yaitu melalui cairan urine. Foto/LiveScience
A A A
TEXAS - Ternyata untuk memilih teman yang sejati, lumba-lumba punya cara yang unik yaitu melalui cairan urine . Lumba-lumba juga melakukan identifikasi urine dengan menggunakan indera pengecap agar tidak salah memanggil nama rekannya.

Sejak lama para ilmuwan sudah mengetahui bahwa lumba-lumba mengidentifikasi diri mereka menggunakan suara yang disebut peluit tanda tangan yang berbeda. Setiap lumba-lumba memiliki suara yang berbeda dan mereka memanggil satu sama lain dengan meniru peluit tersebut.

Baru-baru ini, para ilmuwan mengetahui bahwa lumba-lumba hidung botol melakukan identifikasi lumba-lumba lain dengan indra perasa. Lumba-lumba mencicipi urine satu sama lain dan mengenali sumbernya.

Baca juga; Rusia Kerahkan Lumba-lumba Serang Ukraina dari Laut

Ini menunjukkan bahwa lumba-lumba menggunakan dua jenis input sensorik untuk melacak identitas lumba-lumba lainnya. Ini menunjukkan bahwa lumba-lumba dapat mengidentifikasi dan memilih teman berdasarkan kesamaan selera.

“Lumba-lumba harus melakukannya dengan rasa, bukan dengan bau. Sebab, cetacea tidak memiliki syaraf penciuman,” kata Jason Bruck, seorang ahli biologi di Stephen F Austin State University di Texas dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Selasa (31/5/2022).

Dalam eksperimen yang dilakukan, diketahui lumba-lumba berenang melalui gumpalan urine lumba-lumba lain, dengan mulut ternganga. “Mereka mungkin melakukannya untuk mendapatkan informasi sosial, seperti cara seekor anjing mengendus,” tambah Bruck.

Baca juga; Saudara Pesut Mahakam, Lumba-lumba Irrawaddy Terakhir Mati Terjerat Alat Pancing

Studi di masa depan dapat menyelidiki mekanisme di balik kemampuan indera pengecap lumba-lumba yang baru ditemukan ini. Identifikasi rasa oleh lumba-lumba mungkin didorong oleh pengenalan lipid yang lebih kuat dibandingkan manusia.

“Lebih mendasar, temuan ini dapat membuka jalan baru penelitian lumba-lumba. Terutama bagaimana lumba-lumba memandang satu sama lain sebagai individu,” ujar Bruck.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3226 seconds (11.97#12.26)