Penelitian Terbaru Sebut Arus Sirkulasi Samudra Atlantik Menurun, Ini Dampaknya

Minggu, 11 Februari 2024 - 07:29 WIB
Penelitian Terbaru Sebut Arus Sirkulasi Samudra Atlantik Menurun, Ini Dampaknya
Penelitian Terbaru Sebut Arus Sirkulasi Atlantik . FOTO/ DAILY
JAKARTA - Sebuah studi baru menunjukkan bahwa Arus Sirkulasi Utama Samudra Atlantik (AMOC), sebuah sistem arus laut yang vital bagi iklim global, sedang mengalami perlambatan.

BACA JUGA - Samudra Atlantik Meluas, Ini Penyebabnya

Penemuan ini, yang diterbitkan dalam jurnal Nature Climate Change, memiliki implikasi serius bagi pola cuaca dan iklim di seluruh dunia.

AMOC mengangkut air hangat dari selatan ke utara Atlantik, dan air dingin dari utara ke selatan. Arus ini membantu mendistribusikan panas dan energi di seluruh planet, dan memainkan peran penting dalam mengatur iklim Eropa dan Amerika Utara.

Penelitian ini, yang dipimpin oleh para ilmuwan dari Universitas Potsdam di Jerman, menganalisis data dari 150 tahun terakhir dan menemukan bahwa AMOC telah melemah sekitar 15% sejak tahun 1950.

Penurunan ini dikaitkan dengan pemanasan global, yang menyebabkan pencairan es di Greenland dan Arktik.

Pencairan es ini menambahkan air tawar ke laut, yang dapat memperlambat AMOC. Hal ini dapat menyebabkan berbagai dampak, termasuk:

Perubahan pola cuaca: AMOC yang lebih lemah dapat menyebabkan perubahan pola cuaca di seluruh dunia, termasuk musim dingin yang lebih dingin di Eropa dan Amerika Utara, dan musim panas yang lebih panas di Afrika dan Asia.

Kenaikan permukaan laut: AMOC yang lebih lemah dapat menyebabkan kenaikan permukaan laut di sepanjang pantai Atlantik.

Perubahan pada ekosistem laut: AMOC yang lebih lemah dapat mengubah distribusi plankton dan ikan, yang dapat berdampak pada ekosistem laut.

Para ilmuwan mengatakan bahwa penelitian ini menunjukkan bahwa pemanasan global dapat memiliki dampak yang signifikan pada AMOC, dan ini dapat memiliki konsekuensi serius bagi iklim global.