Mengejutkan! Ilmuwan Temukan Bukti Paus Biru Kawin dengan Spesies Lain

Senin, 12 Februari 2024 - 10:14 WIB
loading...
Mengejutkan! Ilmuwan Temukan Bukti Paus Biru Kawin dengan Spesies Lain
Paus Biru Kawin dengan Spesies Lain. FOTO/ DAILY
A A A
BERLIN - Sekelompok ilmuwan menemukan bukti mengejutkan bahwa paus biru, hewan terbesar di planet bumi, telah kawin dengan spesies lain.

BACA JUGA - Ekosistem Laut yang Sehat jadi Fondasi Ekonomi Biru

Seperti dilansir dari Science Alert, Senin (12/2/2024), penemuan ini didasarkan pada analisis DNA sampel paus biru yang terdampar di pantai Atlantik Utara.

Penelitian baru menunjukkan bahwa hubungan antarspesies antara paus biru dan paus sirip lebih umum terjadi daripada yang kita duga, setidaknya di beberapa wilayah di dunia.

Urutan genom paus biru Atlantik Utara (Balaenoptera musculus musculus) mengungkapkan sekitar 3,5 persen DNA kelompok tersebut berasal dari spesies tetangganya, paus sirip (Balaenoptera physalus).

Para ilmuwan dari Kanada dan Norwegia tidak menyangka persentase ini akan setinggi itu. Terlebih lagi, semua sampel paus biru yang diteliti saat ini memiliki setidaknya beberapa DNA paus sirip dalam genomnya, sebuah fenomena yang disebut introgresi.

“Hasil kami memberikan wawasan pertama mengenai struktur populasi, dan sejarah demografi paus biru dari Atlantik Utara, dan mendokumentasikan tingkat introgresi dengan paus sirip,” tulis ilmuwan data Sushma Jossey dari Royal Ontario Museum dan rekannya dalam makalah yang mereka terbitkan.

Yang mengejutkan adalah sebagian besar hewan hibrida (keturunan dari dua spesies berbeda) cenderung tidak subur - Anda mungkin pernah mendengar tentang bagal (hibrida keledai dan kuda) atau liger (yang merupakan hibrida singa-harimau).

Hasilnya menunjukkan bahwa beberapa paus biru memiliki DNA hibrida, yang berarti mereka memiliki gen dari paus biru dan spesies lain.

Spesies lain yang terlibat dalam hibridisasi ini masih belum diketahui secara pasti. Para ilmuwan menduga bahwa paus biru mungkin kawin dengan paus sirip, paus bungkuk, atau paus sei.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)