NASA Segera Luncurkan Pakaian Antariksa Baru, Ini Kelebihannya

Selasa, 13 Februari 2024 - 14:02 WIB
loading...
NASA Segera Luncurkan Pakaian Antariksa Baru, Ini Kelebihannya
Pakaian antariksa baru untuk astronot didesain oleh Collins Aerospace. (Foto: NASA)
A A A
JAKARTA - NASA dalam waktu dekat akan meluncurkan pakaian antariksa baru untuk para astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Pakaian yang dirancang oleh perusahaan swasta bernama Collins Aerospace itu telah lolos uji pakai.

Sebagaimana dihimpun dari The Verge pada Selasa (13/2/2024) NASA baru saja melakukan uji gaya berat mikro pada pakaian antariksa yang dirancang oleh perusahaan swasta bernama Collins Aerospace. Uji coba dilakukan oleh NASA di atas penerbangan gayaberat mikro komersial.

Selama pengujian, pesawat melakukan manuver untuk menghadirkan fenomena zero G dan memungkinkan seseorang yang memakai prototipe untuk melihat apakah prototipe tersebut benar-benar memungkinkan seseorang bergerak di dalamnya dalam kondisi tersebut.



Tes berikutnya akan menempatkan pakaian tersebut di ruang vakum untuk melihat bagaimana kinerjanya di ruang hampa udara. Sementara tes di bawah 40 kaki air di Neutral Buoyancy Lab NASA di Texas akan mensimulasikan gayaberat mikro untuk pelatihan berjalan di luar angkasa.

NASA telah merencanakan pengadaan pakaian antariksa sejak tahun 2022 dan menunjuk Collins Aerospace sebagai mitranya. Mereka mengklaim desain baru ini lebih ringan dan volumenya lebih kecil dibandingkan pakaian antariksa yang sekarang digunakan astronot NASA.



Selain itu, pakaian ini juga disebut dapat dimodifikasi ketika misi berubah dan menyesuaikan tipe tubuh astronot yang jauh lebih luas dengan jauh lebih mudah daripada pakaian lama yang didasarkan pada desain yang sudah usang, dengan umur puluhan tahun.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)