Meteorit Allende Bukti Kehidupan Luar Angkasa dan Asal Usul Tata Surya

Selasa, 13 Februari 2024 - 15:10 WIB
Meteorit Allende Bukti Kehidupan Luar Angkasa dan Asal Usul Tata Surya
Meteorit Allende. FOTO/ Science Alert
LONDON - Meteorit Allende , sebuah batu angkasa seberat 2 ton yang jatuh di Chihuahua, Meksiko pada tahun 1969, merupakan salah satu meteorit paling terkenal dan dipelajari secara luas dalam sejarah.

Ditemukan hanya beberapa bulan sebelum pendaratan Apollo 11 di Bulan, Allende memberikan wawasan berharga tentang asal usul tata surya dan kemungkinan kehidupan di luar bumi.

Allende adalah kondrit berkarbon terbesar yang pernah ditemukan di Bumi. Kaya akan bahan organik, termasuk asam amino, yang merupakan bahan penyusun protein.

Seperti dilansir dari IFL SCIENCE, Analisis Allende menunjukkan bukti keberadaan protein luar angkasa, yang menunjukkan bahwa kehidupan mungkin ada di luar Bumi.

Meteorit ini mengandung debu antarbintang yang lebih tua dari Matahari, memberikan informasi tentang pembentukan tata surya.

Allende terkenal dengan inklusi kalsium-aluminium (CAI) yang kaya akan mineral langka. CAI ini dianggap sebagai salah satu objek tertua yang terbentuk di tata surya.

Allende telah menjadi sumber penelitian ilmiah yang berharga selama lebih dari 50 tahun. Para ilmuwan telah mempelajari meteorit ini untuk mempelajari komposisi kimia tata surya awal, proses pembentukan planet, dan kemungkinan kehidupan di luar bumi.

Penemuan Allende memiliki dampak signifikan pada beberapa bidang ilmu pengetahuan:

Asal Usul Tata Surya: Allende memberikan bukti kuat tentang teori nebula surya, yang menjelaskan bagaimana tata surya terbentuk dari awan gas dan debu.

Kehidupan Luar Angkasa: Bukti protein luar angkasa dalam Allende memperkuat kemungkinan bahwa kehidupan dapat ada di planet lain.

Allende membantu para ilmuwan memahami komposisi kimia tata surya awal dan bagaimana elemen-elemen tercipta.

Meteorit Allende adalah harta karun ilmiah yang telah memberikan banyak informasi berharga tentang tata surya dan kemungkinan kehidupan di luar bumi. Penelitian tentang Allende terus berlangsung dan kemungkinan akan menghasilkan penemuan baru yang menarik di masa depan.