Kamis, 15 Februari 2024 - 22:00 WIB
4 Unggahan Hari Valentine dari NASA, Ada Mawar Kosmik hingga Pelukan Hati
Mirip sepasang kekasih, dua lobus Arrokoth saling mengorbit kemudian dengan lembut menyatu untuk menciptakan obyek sepanjang 35 kilometer. (Foto: NASA)
JAKARTA - Badan antariksa Amerika Serikat (NASA) ikut aktif mengunggah konten bertema Hari Valentine dari fenomena ruang angkasa.

Unggahan di media sosial resmi NASA cukup menarik, mulai dari pelukan 'berbentuk hati' antara dua galaksi hingga ‘mawar kosmik’ jutaan tahun cahaya jauhnya.

Namun, ini bukan kali pertama lembaga antariksa ini menggunakan media sosial untuk berbagi postingan merayakan Hari Valentine. Melansir berbagai sumber, Kamis (15/2/2024) terdapat lima unggahan yang dibagikan NASA selama bertahun-tahun untuk hari istimewa merayakan cinta ini.

1. Pelukan berbentuk hati

4 Unggahan Hari Valentine dari NASA, Ada Mawar Kosmik hingga Pelukan Hati

NASA mengunggah gambar luar biasa yang menangkap dua galaksi yang bergabung dari Teleskop Luar Angkasa James Webb. Pemandangan yang terpampang terlihat sangat indah.

2. Mawar Kosmik

4 Unggahan Hari Valentine dari NASA, Ada Mawar Kosmik hingga Pelukan Hati

Mawar kosmik dari Teleskop Luar Angkasa Spitzer diambil pada 2004 dengan teknuk inframerah. Gambar yang terlihat seperti mawar berwarna pink dan hijau dari gugusan bintang-bintang baru lahir yang dikenal sebagai nebula.

3. Dari Mars dengan cinta

4 Unggahan Hari Valentine dari NASA, Ada Mawar Kosmik hingga Pelukan Hati

Pada 2021, NASA membagikan gambar istimewa yang diambil di Mars. “Gambar ini diambil oleh Mars Reconnaissance Orbiter kami pada 2010. Sebuah kawah dampak kecil dekat ujung hati bertanggung jawab atas pembentukan Valentine berbentuk hati yang terang,” tulis lembaga antariksa itu.

4. Valentine Surgawi

4 Unggahan Hari Valentine dari NASA, Ada Mawar Kosmik hingga Pelukan Hati

Generasi bintang-bintang terlihat dalam potret infra merah dari Teleskop Luar Angkasa Spitzer. Di daerah pembentukan bintang seperti bulu yang disebut W5. Bintang-bintang tertua dapat dilihat sebagai titik biru di pusat dua rongga kosong (titik biru lainnya adalah bintang latar belakang dan depan yang tidak terkait dengan wilayah itu).

Bintang-bintang yang lebih muda berjejer di pinggiran rongga, dan beberapa dapat dilihat sebagai titik merah muda di ujung-ujung pilar seperti belalai gajah. Area bergerigi putih menjadi bintang-bintang yang paling muda sedang terbentuk. Merah menunjukkan debu panas yang merambat di rongga wilayah ini, sementara hijau menyoroti awan padat.