Ahli Geologi Yakin Samudra Atlantik Bisa Kembangkan Cincin Api Sendiri

Selasa, 20 Februari 2024 - 16:09 WIB
Ahli Geologi Yakin Samudra Atlantik Bisa Kembangkan Cincin Api Sendiri
Cincin Api Samudra Atlantik bisa berkembang sendiri. FOTO/ DAILY
LONDON - Pergerakan benua diprediksi akan memasuki babak baru, di mana Atlantik beralih dari fase pertumbuhan ke fase kontraksi.

BACA JUGA - Samudra Atlantik Meluas, Ini Penyebabnya

Seperti dilansir dari IFL Science, para ahli geologi memperkirakan hal ini terjadi akibat pecahnya lempeng tektonik, yang akan memicu terbentuknya barisan gunung berapi di sepanjang garis pantai Afrika dan Iberia.

Sepertelama miliaran tahun, benua-benua di Bumi telah berulang kali menyatu dan terpecah. Hal ini diprediksi akan terus terjadi di masa depan.

Yang belum diketahui adalah kapan hal itu akan terjadi dan di mana benua-benua tersebut akan berkumpul, di Kutub Utara atau di ekuator.

Dr. João Duarte dari Universitas Lisbon memimpin tim yang meneliti pergerakan benua. Timnya memprediksi bahwa Atlantik akan mulai menutup dan zona subduksi baru akan terbentuk di sepanjang garis pantai yang berlawanan. Proses ini membutuhkan waktu puluhan juta tahun.

Cincin Api Atlantik diprediksi akan terbentuk akibat pecahnya lempeng tektonik. Lempeng samudra yang tua dan tebal akan sulit tertekuk dan patah, sehingga proses ini membutuhkan waktu lama.

Penelitian Dr. João Duarte menunjukkan bahwa Samudra Atlantik berpotensi mengembangkan "Cincin Api" sendiri di masa depan. Proses ini membutuhkan waktu puluhan juta tahun dan masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Penelitian ini membantu para ilmuwan memahami pergerakan benua dan memprediksi potensi bencana alam di masa depan.