MH 370 dan 5 Pesawat yang Hilang Tanpa Jejak dan Tak Bisa Dijelaskan secara Ilmiah

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:03 WIB
loading...
MH 370 dan 5 Pesawat yang Hilang Tanpa Jejak dan Tak Bisa Dijelaskan secara Ilmiah
MH370 pesawat Malaysia Airlines yang hilang misterius. FOTO/ DAILY
A A A
KUALALUMPUR - Hilangnya pesawat Malaysia Airlines ( MH370 ) hingga kini menarik perhatian dunia. dan mengundang tanda tanya besar.



Kita mungkin berpikir bahwa kita mengetahui setiap sudut planet ini, namun masih ada tempat di mana benda sebesar pesawat terbang bisa hilang tanpa jejak.

Tak hanya zaman sekarang, misteri kecelakaan pesawat juga sudah terjadi sejak zaman Perang Dunia 2. Mulai dari pesawat yang menjalankan misi khusus dan tak pernah kembali hingga pesawat yang masuk di Segitiga Bermuda dan hilang begitu saja.

Berikut 6 misteri penerbangan yang masih belum terpecahkan seperti dilansir dari CAAA, Kamis (22/2/2024).

1. Penerbangan Malaysia Airlines (MH370)


Hilangnya MH370 dengan 239 orang di dalamnya pada tahun 2014 menjadi salah satu misteri penerbangan terbesar. Pesawat tersebut hilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing. Pencarian ekstensif di Samudera Hindia tidak menemukan jejak pesawat.

Sebagian besar merupakan warga China dan itu merupakan penerbangan rutin dari Kuala Lumpur ke Beijing, China. Dikutip dari The Week, pada Juni 2018 misi gabungan berbagai negara tampaknya sudah mulai menyerah melakukan pencarian.

Otoritas Malaysia mengungkap bahwa tidak ada pencarian lebih lanjut kecuali bukti baru terungkap. Mereka juga mengadakan metode ''no find, no fee'' yang berarti pencarian tak akan dibiayai hingga perusahaan swasta ekspolorasi laut menemukan hasilnya.

Terdapat teori konspirasi mengenai jatuhnya MH370 termasuk ditembak jatuh, dibajak, masuk Segitiga Bermuda versi Samudera Hindia, dan ''orang ekstra'' yang menjadi penumpang.

Teori terbaru yang dikemukakan oleh penyelidik dan peneliti bernama Andre Milne mengatakan bahwa ada ''penumpang ekstra'' dan bisa menjadi kunci hilangnya MH370.

Dalam data yang ada, terdapat 239 orang yang hilang. Secara resmi, terdapat 226 penumpang di dalam pesawat (empat gagal naik) dan 12 awak penerbangan.

Jika dijumlah maka secara resmi hanya ada 238 orang di dalam pesawat. ''Orang ekstra'' itu diprediksi menjadi kunci hilangnya pesawat MH 370. Namun karena pesawat itu lenyap, semua pernyataan di atas hanyalah teori saja.

2. Amelia Earhart (1937)


Penerbang wanita terkenal Amelia Earhart dan navigatornya Fred Noonan hilang di Samudra Pasifik pada tahun 1937 saat mencoba terbang keliling dunia. Pencarian besar-besaran tidak menemukan jejak mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1287 seconds (0.1#10.140)