Cetak Sejarah, Wahana Antariksa Swasta Berhasil Mendarat di Bulan

Jum'at, 23 Februari 2024 - 14:34 WIB
loading...
Cetak Sejarah, Wahana Antariksa Swasta Berhasil Mendarat di Bulan
Odysseus diluncurkan pada 15 Februari dari Cape Canaveral di Florida dan langsung menuju Bulan. (Foto: NASA)
A A A
JAKARTA - Wahana antariksa swasta Odysseus mencetak sejarah setelah berhasil mendarat di permukaan Bulan pada 22 Februari 2024. Wahana yang dibangun oleh Intuitive Machines di Houston, Texas, ini juga menjadi pendarat bulan AS pertama sejak 1972, saat awak Apollo mengunjungi Bulan.

Momen-momen penuh ketegangan mewarnai kesuksesan pendaratan Odysseus di permukaan Bulan. Beberapa jam sebelum pendaratan, terjadi kerusakan pada pemancar jarak laser yang seharusnya membantu memandu perjalanan otonom ke permukaan bulan. Para insinyur misi harus mengunggah perbaikan perangkat lunak untuk memperbaikinya dengan menggunakan laser sekunder yang disediakan oleh NASA.

Keadaan wahana antariksa swasta tersebut tetap tidak jelas segera setelah mendarat, yang terjadi pada pukul 5:23 sore waktu Houston. Tapi wahana tersebut mengirimkan sinyal lemah kembali ke pusat misi di Houston, menandakan setidaknya sebagian dari wahana tersebut selamat setelah pendaratan. "Odysseus telah menemukan rumah barunya," kata direktur misi Tim Crain dilansir dari Nature, Jumat (23/2/2024).

Terlepas ongkos besar misi ini, pendaratan Odysseus merupakan dorongan besar bagi upaya AS dan komersial untuk kembali ke Bulan. NASA membiayai sebagian besar misi swasta ini dan mengandalkan perusahaan seperti Intuitive Machines untuk membantu mengangkut peralatan dan instrumen ilmiah ke Bulan sebagai persiapan untuk mengirim astronot kembali ke sana. "AS telah kembali ke Bulan. Hari ini adalah hari yang menunjukkan kekuatan dan janji kemitraan komersial NASA," kata administrator NASA Bill Nelson.



Gambar-gambar pertama dari permukaan bulan diharapkan akan muncul dalam beberapa jam setelah Odysseus mendarat, tergantung pada bagaimana komunikasi dengan wahana antariksa berjalan. Jika muatan ilmiah Odysseus berhasil, mereka bisa mengumpulkan data selama tujuh hari, sampai malam tiba di lokasi pendaratan dan tidak ada lagi daya surya yang tersisa untuk operasi.

Lima dari sembilan upaya mendarat di Bulan terakhir gagal. Di antara kegagalan tersebut adalah misi yang diluncurkan bulan lalu oleh Astrobotic di Pittsburgh, Pennsylvania, yang kehabisan bahan bakar dalam beberapa jam setelah peluncuran karena kerusakan katup. Tetapi bulan lalu, badan antariksa Jepang berhasil menempatkan pendarat SLIM-nya dekat kawah Shioli di dekat khatulistiwa Bulan, meskipun wahana antariksa tersebut mendarat terbalik.

Odysseus diluncurkan pada 15 Februari dari Cape Canaveral di Florida, dan langsung menuju ke Bulan. Di sepanjang jalan, ia beberapa kali menghidupkan mesinnya untuk mengatur jalur yang benar dan mentransmisikan gambar Bumi dan Bulan. Odysseus memasuki orbit bulan pada 21 Februari, awalnya mengitari 92 kilometer di atas permukaan sebelum melakukan upaya pendaratan.



Wahana antariksa tersebut menghidupkan mesinnya untuk turun ke ketinggian yang lebih rendah, lalu beralih ke serangkaian manuver otonom di mana ia mengorientasikan diri dan mulai menilai kawah dan batu-batu di bawahnya. Ia bergerak menuju lokasi pendaratan yang dimaksud dan menghidupkan mesinnya lagi untuk melambatkan penurunannya, akhirnya mendarat di permukaan bulan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2849 seconds (0.1#10.140)