Intip Spesifikasi B-2 Spirit, Jet Tempur Paling Canggih dan Mahal Milik AS

Senin, 26 Februari 2024 - 12:25 WIB
loading...
Intip Spesifikasi B-2 Spirit, Jet Tempur Paling Canggih dan Mahal Milik AS
Harga mahal B-2 Spirit sepadan dengan kemampuan manuver, sokongan persenjataan serta spesifikasi canggih lainnya. (Foto: National Interest)
A A A
JAKARTA - Jet-jet tempur canggih menjadi andalan sejumlah negara untuk pertahanan militernya. Salah satunya adalah B-2 Spirit, jet tempur milik Amerika. Pesawat bomber siluman ini dijuluki sebagai jet tempur paling mahal di dunia.

Harga mahal B-2 Spirit sepadan dengan kemampuan manuver, sokongan persenjataan serta spesifikasi canggih lainnya. Biaya pembuatan per unitnya diperkirakan mencapai USD515 juta atau Rp8 triliun.

B-2 Spirit awalnya dirancang untuk menembus pertahanan udara Uni Soviet selama Perang Dingin dan menyerang target dengan senjata nuklir. Namun seiring berjalannya waktu, misinya berkembang untuk serangan presisi konvensional.

Dikembangkan oleh Northrop, B-2 Spirit menggabungkan bahan komposit canggih dan teknologi menghindari radar untuk meminimalkan jejak radar. Meskipun biaya pengembangannya tinggi, B-2 telah membuktikan nilainya dalam berbagai konflik, dari Perang Kosovo hingga operasi di Afghanistan dan Irak. Mampu membawa baik muatan nuklir maupun konvensional, B-2 tetap menjadi komponen kunci dari senjata strategis AS.



Dilansir dari National Interest, Senin (26/2/2024), pada 22 November 1988, B-2 pertama dipamerkan di Air Force Plant 42 di Palmdale, California, dan diberi nama "Spirit." Bomber itu terlihat seperti bumerang, dengan bagian belakang bergerigi. Seperti desain Northrop sebelumnya, ia tidak memiliki ekor, sayap dan tubuhnya terpadu dengan mulus, dan empat turbofan non-afterburning General Electric F118-GE-100-nya terkubur dalam pesawat.

Pada saat itu, biaya unit B-2 diperkirakan mencapai USD515 juta per unit, menjadikannya pesawat termahal yang pernah dibuat. B-2 memiliki panjang 69 kaki dan tinggi 17 kaki. Ia memiliki rentang sayap 172 kaki—persis sama dengan XB-35 dan YB-49.

Pesawat ini memiliki kecepatan 680 mil per jam dan memiliki ketinggian maksimum 50.000 kaki. Ia memiliki jangkauan tanpa pengisian bahan bakar 6.000 mil, dan memiliki kemampuan pengisian bahan bakar di udara.

Bomber baru ini adalah salah satu pesawat militer pertama yang menggunakan bahan-bahan komposit baru. Hampir 80 persen dari pesawat terbuat dari komposit anyaman yang mencakup serat kaca, karbon, dan grafit, sementara sisanya terbuat dari aluminium dan titanium. B-2 Spirit juga memiliki lapisan serap radar yang tujuannya adalah untuk lebih mengurangi tanda radar. Mantan Kepala Staf Angkatan Udara Larry Welch menyatakan B-2 memiliki penampakan radar dalam "kategori serangga."

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4664 seconds (0.1#10.140)