China Pamer Robot Anjing yang Mampu Menembak seperti Prajurit Terlatih

Sabtu, 02 Maret 2024 - 22:01 WIB
loading...
China Pamer Robot Anjing yang Mampu Menembak seperti Prajurit Terlatih
Ilmuwan China berhasil menciptakan robot anjing yang memiliki kemampuan seperti prajurit terlatih. (Foto: Interesting Engineering)
A A A
JAKARTA - Sejumlah negara telah berhasil menciptakan robot anjing yang dilengkapi senjata untuk menggantikan manusia dalam medan pertempuran berbahaya. Namun, belum ada robot anjing yang mampu menembak presisi seperti manusia.

Hingga akhirnya para ilmuwan dari China berhasil menciptakan prototipe robot anjing yang memiliki kemampuan seperti prajurit terlatih. Mampu menembak secara presisi sasaran dalam waktu singkat. Robot anjing tersebut merupakan hasil karya Xu Cheng dan timnya.

The South China Morning Post, Sabtu (3/2/2024), melaporkan, teknologi robot anjing ini telah dipublikasikan dalam The Chinese Journal of Engineering bulan lalu. Cheng adalah seorang profesor teknik mesin di Nanjing University of Science and Technology.

"Peperangan perkotaan, yang mencakup operasi anti-terorisme, misi penyelamatan sandera, dan pembersihan jalan dan bangunan, telah terus meningkat dalam pentingnya sebagai aspek fundamental dari konflik kontemporer," kata Xu Cheng. Amerika Serikat telah menciptakan robot anjing bersenjata, namun kemampuan tempurnya belum mumpuni.



Untuk menguji klaim ini, tim Xu Cheng memasang senapan mesin 7,62mm di bagian belakang robot anjing buatan dalam negeri yang tidak disebutkan namanya. Senjata api yang dipilih, juga tidak diidentifikasi, namun bisa menembak hingga 750 putaran per menit.

Selain itu, senjata tersebut juga dilengkapi dengan bidikan optoelektronik, pemasangan penyerap kejut, dan sistem pengisian otomatis. Untuk menilai presisi dan akurasi, robot anjing diperintahkan melontarkan 10 tembakan beruntun ke target berukuran manusia yang berdiri dengan jarak 100 meter. Hasilnya sangat menarik.

Setelah beberapa putaran tembakan, radius separuh dispersi adalah sekitar 5cm. Ini adalah jarak maksimum antara pusat target dan lima lubang peluru terdekat. Hasil ini sangat mengesankan dan menyaingi akurasi senjata kecil standar yang umum digunakan oleh Angkatan Darat Amerika Serikat, seperti M4.



Pencapaian ini berkat pemasangan senjata khusus yang dirancang untuk tugas ini. Hal ini berbeda dengan upaya Amerika yang, pada dasarnya, hanya mengikatkan senapan mesin ke punggung robot anjing .
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2433 seconds (0.1#10.140)