Ini Dia Benda Tercepat di Dunia yang Melebihi Kecepatan Cahaya

Selasa, 05 Maret 2024 - 14:26 WIB
Ini Dia Benda Tercepat...
Benda Tercepat di Dunia . FOTO/ DAILY
JAKARTA - Sebagian dari kota mungkin pernah bertanya-tanya benda apa yang tercepat di dunia. Rupanya jawabannya bukan mobil balap, pesawat, atau bahkan roket luar angkasa.

Melansir Live Science, Senin (4/3/2024), benda tercepat di dunia sebenarnya tergantung pada cara kita mendefinisikannya. Namun jawaban yang paling umum adalah cahaya.

Dalam ruang hampa, cahaya bergerak dengan kecepatan sekitar 186.000 mil atau 300.000 kilometer per detik. Sejauh ini tidak ada benda lain di Bumi bahkan alam semesta yang melebihi kecepatan cahaya.

Cahaya masuk ke dalam kategori benda karena secara bersamaan merupakan gelombang dan partikel. Dan sebagian besar fisikawan sepakat bahwa partikel adalah benda.

Di ruang hampa, partikel-partikel tersebut, yang disebut foton, adalah benda tercepat, menurut John Matthews, fisikawan di Universitas Utah. Begitu foton menyentuh atmosfer bumi, kecepatannya sedikit melambat.

Tetapi dalam kondisi yang tepat, cahaya tidak bisa disebut sebagai benda tercepat di dunia. Matthew melanjutkan bahwa ia dan timnya telah mendeteksi beberapa partikel cepat lainnya.

Matthews sendiri adalah bagian dari tim yang telah mendeteksi beberapa partikel sangat cepat yang berasal dari sinar kosmik berenergi ultra tinggi, hujan partikel subatom yang menghujani Bumi dari luar angkasa.

Salah satu partikel tercepat yang ditemui dijuluki sebagai partikel Oh-My-God, terdeteksi oleh rekan-rekannya pada tahun 1991, dari sinar kosmik berenergi tertinggi yang belum terlihat.

Partikel seperti ini mulai bergerak mendekati kecepatan cahaya dalam ruang hampa. Namun ketika mereka menghantam atmosfer bumi, sesuai sifatnya, mereka terus melaju dan kecepatannya melebihi cahaya.