Selasa, 05 Maret 2024 - 20:18 WIB
8 Fakta Menakjubkan Kepiting Tapal Kuda: Fosil Hidup Berdarah Biru
Darah biru unik kepiting tapal kuda mengandung zat yang sangat berharga untuk medis. Foto: Getty Images
JAKARTA - Kepiting tapal kuda Amerika sering ditemui di pantai Florida. Mereka dianggap sebagai "fosil hidup," menandakan bahwa spesies ini telah bertahan tanpa perubahan yang signifikan selama kurang lebih 445 juta tahun. Bahkan sebelum dinosaurus muncul. Berikut

Fakta tentang kepiting tapal kuda:

1.Satu zaman dengan dinosaurus:
8 Fakta Menakjubkan Kepiting Tapal Kuda: Fosil Hidup Berdarah Biru

Kepiting tapal kuda telah ada selama setidaknya 445 juta tahun, menjadikannya sebagai "fosil hidup" yang sudah ada jauh sebelum dinosaurus muncul di bumi.

2. Kerabat Laba-laba:

Meskipun disebut "kepiting," kepiting tapal kuda sebenarnya lebih dekat hubungannya dengan laba-laba dan arachnida lainnya daripada dengan kepiting atau lobster.

3. Spesies yang Terbatas:

Hanya ada empat spesies kepiting tapal kuda yang masih bertahan hingga saat ini. Salah satunya, Limulus polyphemus, ditemukan di sepanjang pantai Amerika Utara, dari Maine hingga Meksiko.

4. Mudah beradaptasi:
8 Fakta Menakjubkan Kepiting Tapal Kuda: Fosil Hidup Berdarah Biru

Struktur tubuh mereka yang mudah beradaptasi sehingga sangat efektif untuk bertahan hidup.

5. Punya ekor yang mirip paku:

Kepiting tapal kuda memiliki cangkang depan (prosoma), cangkang belakang (opisthosoma), dan ekor mirip paku yang disebut telson. Ekornya sering disalah artikan sebagai bahaya, padahal sebenarnya digunakan untuk membantu kepiting membalikkan badannya jika terguling oleh ombak.

6. Sensitif terhadap cahaya:

Meskipun memiliki cangkang yang keras, kepiting tapal kuda sangat sensitif terhadap lingkungan sekitarnya, terutama terhadap cahaya. Mereka memiliki sepuluh mata, termasuk sepasang mata majemuk di prosoma dan "reseptor foto" di bagian lain tubuhnya.

7. Jadi santapan empuk burung pantai:
8 Fakta Menakjubkan Kepiting Tapal Kuda: Fosil Hidup Berdarah Biru

Kepiting tapal kuda memiliki peran penting dalam ekosistem pesisir. Telur mereka menjadi sumber makanan utama bagi burung pantai yang bermigrasi, seperti burung simpul merah yang terancam punah.

8. Memiliki darah biru yang bermanfaat untuk medis:

Darah biru unik kepiting tapal kuda mengandung zat yang disebut Limulus Amebosit Lisat (LAL), yang digunakan dalam pengujian sterilitas peralatan medis dan obat-obatan suntik.

Kepiting tapal kuda Amerika bukan hanya merupakan makhluk yang menarik secara biologis, tetapi juga memainkan peran penting dalam ekosistem pesisir dan industri biomedis. Perlindungan dan pemahaman lebih lanjut tentang spesies ini sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan lingkungan dan kesejahteraanmanusia.