Ilmuwan Pastikan Manusia Akan Melihat Mamut Hidup Kembali pada 2028

Kamis, 07 Maret 2024 - 13:58 WIB
loading...
Ilmuwan Pastikan Manusia Akan Melihat Mamut Hidup Kembali pada 2028
Mamut Hidup Kembali pada 2028. FOTO/ DAILY
A A A
BERLIN - Sebuah pencapaian luar biasa diumumkan oleh perusahaan Colossal Biosciences, yang berfokus pada pembasmian kepunahan, dengan target ambisius untuk menciptakan mamut berbulu pada tahun 2028.



Tim mamut berbulu mereka, dengan menggunakan pendekatan multi-cabang, mengklaim telah menemukan cara untuk "memprogram ulang" seekor gajah untuk menghasilkan sel mirip sel induk yang dapat berdiferensiasi menjadi tiga lapisan kuman, yang merupakan dasar untuk semua jenis sel dalam tubuh.

Upaya mereka untuk menciptakan mamalia tahan dingin yang dapat menggantikan peran ekologis mamut yang telah punah berfokus pada identifikasi gen yang terkait dengan fenotip inti mamut, sehingga dapat direkayasa pada hewan yang masih ada.

Untuk mamut berbulu, fenotip ini termasuk toleransi terhadap suhu dingin, gading melengkung, dan tengkorak berbentuk kubah.

Jika mereka berhasil memulihkan gen yang diperlukan untuk menghasilkan sifat-sifat tersebut, maka kita dapat kembali melihat mamut berkeliaran di Kutub Utara.

Untuk menemukan gen-gen tersebut, langkah pertama adalah melihat kerabat terdekat hewan yang punah - dalam kasus mamut, yaitu gajah Asia, yang memiliki kesamaan genetik 99,6%.

Eriona Hysolli, Kepala Ilmu Biologi di Colossal Biosciences, menjelaskan kepada IFLScience, "Salah satu tujuan awal kami adalah untuk menghasilkan sel mirip sel induk embrionik yang disebut sel induk berpotensi majemuk terinduksi. Sel ini dapat diperoleh secara sintetis menggunakan serangkaian faktor dan jalur primer dari spesies mana pun."

Dia menambahkan, "Meskipun teknologi ini telah dikembangkan dan diterapkan pada banyak spesies, gajah masih sulit untuk dimanipulasi."
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)