Heboh Asteroid Raksasa Apophis Bakal Menghantam Bumi, Ini Jawaban Ilmuwan

Kamis, 07 Maret 2024 - 19:04 WIB
Heboh Asteroid Raksasa Apophis Bakal Menghantam Bumi, Ini Jawaban Ilmuwan
Asteroid raksasa Apophis dikabarkan akan menghantam Bumi pada tahun 2029. (Foto: Adobe)
JAKARTA - Kabar asteroid raksasa Apophis akan menghantam Bumi pada tahun 2029 semakin santer terdengar. Namun para ilmuwan menyebut kemungkinan tersebut sangat kecil, bahkan bisa dibilang mustahil.

Dilansir dari BGR, Kamis (7/3/2024), ilmuwan mengonfirmasi bahwa asteroid Apophis tidak akan bersinggungan langsung dengan Bumi. Mereka bahkan mengklaim Bumi dipastikan aman.

Tapi ini semua bisa saja berbanding terbaik jika jalur atau orbit asteroid Apophis berubah. Ilmuwan menjelaskan, perubahan orbit bisa saja terjadi jika ada asteroid lainnya yang menghantam Apophis.

Untuk mengetahui apakah hal ini perlu dikhawatirkan, beberapa astronom mengamati 1,3 juta asteroid yang diketahui berada di bagian dalam tata surya. Dari sana, mereka melihat kemungkinan asteroid tersebut bersentuhan dengan Apophis.

Mereka menemukan bahwa tidak ada risiko tabrakan dengan asteroid mana pun yang diketahui berada di bagian dalam tata surya. Artinya, kemungkinan kita khawatir akan pembelokan asteroid dan puing-puing apa pun yang menghantam Bumi hampir tidak ada.

Tapi tentu saja, simulasi ini tidak memperhitungkan asteroid tak dikenal di luar sana. Dan para astronom akan terus mencermati jalur yang dilalui asteroid raksasa Apophis hingga dalam beberapa tahun ke depan.