Heboh Asteroid Apophis, Inilah 10 Asteroid yang Mengancam Bumi di Tahun 2020

Sabtu, 06 Maret 2021 - 11:47 WIB
Heboh Asteroid Apophis, Inilah 10 Asteroid yang Mengancam Bumi di Tahun 2020
Tahun 2020 NASA merekam ada 10 asteroid berdiameter besar yang melaju mendekati Bumi. Foto/India.com
JAKARTA - Asteroid Apophis terbesar dan tercepat yang membahayakan warga Bumi telah melintas. Namun tahukah Anda bahwa di tahun 2020 ada 10 (sepuluh) asteroid berbahaya yang juga mendekati Bumi?

Merujuk sejarah usia Bumi, asteroid menjadi mimpi buruk bagi kehidupan di planet ini. Sebut saja kejayaan Dinosaurus yang musnah akibat hantaman benda langit tersebut.

Space.com menyebut NASA belum menginformasikan ada asteroid yang benar-benar bakal menabrak Bumi. Hanya patut diketahui, bahwa bukan hanya Apophis yang harus diwaspadai karena banyak batuan besar ruang angkasa yang juga membahayakan kita, penduduk Bumi.

Tahun 2020 saja NASA merekam ada 10 asteroid berdiameter besar yang melaju mendekati Bumi. Data Pusat Studi Objek Dekat Bumi (CNEOS) NASA mencatat ada beberapa asteroid berdiameter lebih dari 400 meter yang melintas mendekati Bumi sepanjang 2020.

NEOs merupakan komet dan asteroid yang telah didorong oleh gaya tarik gravitasi planet terdekat menjadi orbit yang memungkinkan mereka untuk memasuki lingkungan Bumi. Komet sendiri awalnya terbentuk di sistem planet luar yang dingin, sementara sebagian besar asteroid berbatu terbentuk di tata surya bagian dalam yang lebih hangat antara orbit Mars dan Jupiter.

Teknisnya, NEO merupakan NEA atau asteroid dekat Bumi yang jarak perihelionnya kurang dari 1,3 au. Sedangkan NEC atau komet dekat Bumi jarak perihelionnya kurang dari 1,3 au dan periode orbitnya kurang dari 200 tahun.

Asteroid apa saja yang tahun lalu melintas mendekat Bumi? Berikut 10 asteroid yang bisa membuat penduduk Bumi dag-dig-dug ketika mereka akan melintas:

1. 52768 (1998 OR2)
Asteroid 1998 OR2 masuk kategori asteroid Amor-class. Diameter batuan ruang angkasa itu diperkirakan sebesar 1,8-4,1 kilometer dengan magnitudo mutlak 15,8. Asteroid diketahui telah melintasi Bumi pada 29 April 2020.

NASA menggolongkan 1998 OR2 sebagai asteroid berbahaya atau Potentially Hazardous Asteroid (PHA).

2. 2003 OC3
2003 OC3 merupakan bagian dari asteroid Apollo. Ukurannya diperkirakan sebanding dengan Jembatan Golden Gate karena memiliki diameter 510 meter sampai 1,1 km. Asteroid itu sudah melintas dekat dengan Bumi pada 12 Maret 2020 dengan magnitudo mutlak 18,6.