Startup dengan Valuasi Rp23 T Ingin Hidupkan Lagi Mamut

Sabtu, 09 Maret 2024 - 18:58 WIB
loading...
A A A
Formula "dediferensiasi" ini bekerja pada sebagian besar spesies, termasuk manusia, monyet, kucing besar, dan burung.

Startup dengan Valuasi Rp23 T Ingin Hidupkan Lagi Mamut

Tetapi sel induk gajah secara mengejutkan tahan terhadap proses ini. Setelah mengubah komposisi kimia dari campuran tersebut, para ilmuwan di Colossal menyatakan bahwa mereka akhirnya berhasil menemukan formula yang tepat.

“Kami tahu ketika kami memulai proyek kebangkitan mamut berbulu bahwa akan ada tantangan. Tetapi kami selalu memiliki tim terbaik di planet ini yang berfokus pada tugas yang ada," kata Lamm.

Hal tersebut akan membuka jalan untuk pemahaman yang lebih baik tentang cara membuat mamut. Artinya, para ilmuwan dapat menciptakan sel-sel seperti rambut dan penyimpanan lemak penahan-dingin di laboratorium.

“Kami sangat bersemangat untuk menggunakan sel yang telah kami kembangkan untuk menumbuhkan gamet gajah di cawan petri," kata pemimpin tim Evan Appleton dalam pernyataannya.

Gamet adalah sel sperma dan sel telur yang membuahi untuk menghasilkan embrio. Jika para ilmuwan dapat membuatnya di laboratorium, mereka dapat menciptakannya tanpa harus memanennya dari gajah.

“Tujuannya, menurut saya, adalah untuk mengubah iPSC ini menjadi sperma dan sel telur, yang memungkinkan fertilisasi in-vitro dan akhirnya, menjadikannya organisme pengganti (surrogate)," kata Vincent Lynch, ahli biologi perkembangan dan profesor di Universitas Buffalo, New York, yang tidak terlibat dalam pekerjaan Colossal, kepada Live Science.



"Metode ini cukup menantang dan belum dikembangkan, tetapi hanya masalah waktu," kata Lynch

Penelitian tersebut juga dapat membantu para ilmuwan lebih memahami bagaimana gajah membawa bayi mereka. "Masa gestasi gajah sangat panjang dan kompleks, jadi sangat penting untuk memahami aspek biologi perkembangan pada biologi gajah," kata Eriona Hysolli, kepala ilmu biologi dan pemimpin proyek mammoth di Colossal Biosciences, kepada Live Science.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5070 seconds (0.1#10.140)