Spesifikasi Bom Tolun Turki, Bom Miniatur Berpandu GPS/INS yang Baru Diuji Coba

Rabu, 13 Maret 2024 - 14:05 WIB
loading...
Spesifikasi Bom Tolun Turki, Bom Miniatur Berpandu GPS/INS yang Baru Diuji Coba
Bom Tolun Turki dapat menembus beton bertulang sedalam satu meter jika diluncurkan dari jarak 55 km. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Bom Tolun Turki dikabarkan berhasil melakukan uji coba peluncuran pertamanya menggunakan Jet tempur F-16. Bom buatan dalam negeri ini berhasil mengenai empat sasarannya pada saat melakukan uji coba tersebut.

Dilansir dari IHA News, Bom Tolun merupakan bom berpemandu GPS/INS yang dikembangkan perusahaan pertahanan Turki bernama ASELSAN dengan sumber daya dalam negeri.

Perusahaan ASELSAN sendiri rencananya bakal memulai pengiriman bom tolun Turki ke angkatan bersenjata pada bulan Juli 2024.
Selama proses pengembangan Tolun telah menunjukkan kualitas yang cukup signifikan sebagai salah satu bom miniatur.

Spesifikasi Bom Tolun Turki
Spesifikasi Bom Tolun Turki, Bom Miniatur Berpandu GPS/INS yang Baru Diuji Coba

Bom Tolun dikembangkan sebagai amunisi berpemandu INS/GPS yang ditempatkan dari platform udara dengan multi-carrying bay dan digunakan untuk menyerang sasaran darat menurut Defense Mirror.

Dalam laman resmi Aselsan, Tolun dengan desain sayap lipat punya jarak jangkau hingga 101 km, dan dapat diluncurkan dari ketinggian maksimum 12.192 meter.

Tingkat akurasi bom ini mencapai CEP (Circular Error Probable) 10 meter. Tolun dapat menembus beton bertulang sedalam satu meter jika diluncurkan dari jarak 55 km. Berat per unit Tolun 139 kg dengan panjang 180 cm dan diameter 17 cm.

Sejauh ini Aselsan merancang Tolun dan Sadak-4T untuk dapat diintegrasikan pada jet tempur F-16 dan drone Akinci.


Dalam uji coba yang telah dilakukan, Tolun berhasil secara bersamaan mengenai empat sasaran pada jarak 30 kilometer dari ketinggian 35.000 kaki dalam uji tembak, yang merupakan pencapaian baru bagi Turki.



Amunisi tersebut juga dinyatakan memiliki kapasitas mencapai delapan sasaran dalam satu serangan mendadak. Dengan jangkauan 100 km, Tolun memiliki varian hulu ledak penembus dan efek partikel.

Itulah spesifikasi singkat dari Bom Tolun Turki yang merupakan bom miniatur terbaru yang diciptakan demi memperkuat armada udaradandarat.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2479 seconds (0.1#10.140)