Turki Bangun Jembatan Terpanjang di Dunia, Menghubungkan Eropa dan Asia

Senin, 12 Februari 2024 - 21:31 WIB
loading...
Turki Bangun Jembatan Terpanjang di Dunia, Menghubungkan Eropa dan Asia
Jembatan Çanakkale 1915 menghubungkan Eropa dan Asia serta memangkas waktu perjalanan hingga 93 persen dari waktu normal 1,5 jam menggunakan kapal feri. (Foto: Anadolu)
A A A
JAKARTA - Turki kini memiliki jembatan terpanjang di dunia. Jembatan bernama Çanakkale 1915 ini menghubungkan Eropa dan Asia serta memangkas waktu perjalanan hingga 93 persen dari waktu normal 1,5 jam menggunakan kapal feri.

Jembatan Çanakkale 1915 melintang sepanjang Selat Dardanella yang merupakan lintasan air yang menghubungkan Laut Aegea dan Laut Marmara di Turki.

Jembatan ini dibangun oleh perusahaan-perusahaan Turki dan Korea Selatan dengan waktu pembuatan hampir lima tahun. Jembatan senilai USD2,7 miliar ini menghubungkan Gelibolu, di sisi Eropa Turki, dengan kota Lapseki di wilayah Asia negara tersebut.

"Turki telah melampaui Jepang, yang memiliki jembatan terpanjang di dunia dalam hal midspan, dan telah menduduki tempat pertama," kata Presiden Erdogan selama upacara peresmian dilansir dari UNILAD, Senin (12/2/2024).



Sementara itu, Perdana Menteri Korea Selatan Kim Boo-kyum mengatakan Jembatan Çanakkale 1915 akan memulai era baru perdamaian dan kemakmuran.

Jembatan ini memiliki banyak simbolisme. Misalnya, ukurannya sepanjang 2.023 meter adalah penghormatan untuk tahun 2023, ketika Turki merayakan seratus tahun berdirinya Republik Turki.



Sementara itu, tinggi menara jembatan adalah 318 meter, yang melambangkan tanggal 18 Maret, ketika Turki memperingati para prajurit yang tewas selama Gallipoli.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2221 seconds (0.1#10.140)