Jejak Fosil Ungkap Kehidupan Dinosaurus di Alaska 100 Juta Tahun Lalu

Kamis, 14 Maret 2024 - 20:46 WIB
loading...
Jejak Fosil Ungkap Kehidupan Dinosaurus di Alaska 100 Juta Tahun Lalu
Kehidupan Dinosaurus di Alaska 100 Juta Tahun Lalu. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Penemuan luar biasa telah terjadi di Cekungan Coke Formasi Nanushuk, Alaska. Para peneliti menemukan jejak kaki dinosaurus yang menunjukkan bahwa dinosaurus menghuni wilayah tersebut 100 juta tahun lalu.



Penggalian antara tahun 2015-2017 menemukan sekitar 75 lokasi jejak kaki, bersama dengan fosil tumbuhan, tunggul pohon, dan bukti dinosaurus lainnya. Jejak kaki ini terpelihara dengan baik sehingga para ilmuwan dapat mengidentifikasi jenis dinosaurus yang meninggalkannya.
.

“Tempat ini sangat kaya dengan jejak kaki dinosaurus. Rasanya seperti kita berjalan melewati hutan jutaan tahun yang lalu.” tutur penulis utama Anthony Fiorillo seperti dilansir dari Science Alert

Jejak kaki tersebut terpelihara dengan baik sehingga para peneliti dapat mengidentifikasi jenis dinosaurus yang membuatnya:

Temuan ini tidak hanya memberi tahu kita tentang dinosaurus yang hidup di Alaska, tetapi juga dapat membantu menjawab pertanyaan tentang migrasi hewan sekitar 100 juta tahun yang lalu:

“Kami ingin tahu siapa yang menggunakan [Jembatan Darat Bering] itu, bagaimana mereka menggunakannya, dan seperti apa kondisinya.” tegas Fiorillo

Penelitian ini juga dapat membantu menjelaskan iklim pada periode Kapur Tengah:

Formasi Nanushuk menunjukkan bahwa wilayah tersebut jauh lebih basah, dengan curah hujan rata-rata 178 cm per tahun.

Ini konsisten dengan pola global yang terkait dengan Maksimum Termal Kapur, ketika suhu rata-rata global jauh lebih tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3386 seconds (0.1#10.140)