Terungkap, Ini Alasan Cheetah Mampu Berlari Sangat Cepat

Jum'at, 15 Maret 2024 - 13:33 WIB

Ini berarti mereka harus mencapai batas kerja dengan berat badan yang lebih kecil, dan dengan demikian harus tetap bertubuh kecil agar bisa bergerak cepat. "Bagi hewan besar seperti badak atau gajah, berlari mungkin terasa seperti mengangkat beban yang sangat berat, karena otot mereka relatif lebih lemah dan gravitasi memerlukan biaya yang lebih besar. Akibat keduanya, hewan pada akhirnya harus melambat seiring bertambahnya usia,” kata Dr. Peter Bishop, dari Universitas Harvard.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa hewan darat yang beratnya lebih dari 40 ton tidak akan bisa bergerak sama sekali. Ini menimbulkan pertanyaan tentang dinosaurus, karena ada beberapa spesies seperti Patagotitan yang mungkin memiliki berat lebih dari ini. Hewan darat terberat yang hidup saat ini adalah gajah Afrika dengan berat 6,6 ton.

"Studi kami menimbulkan banyak pertanyaan menarik tentang fisiologi otot hewan yang telah punah dan yang hidup saat ini, termasuk manusia atlet . Kendala fisik berdampak pada hewan yang berenang dan terbang, sama seperti hewan yang berlari dan membuka batasan ini adalah agenda kami berikutnya," kata para ilmuwan.