Rabu, 20 Maret 2024 - 09:24 WIB
Menyelamatkan Raja Rimba: Inilah Daftar Habitat Harimau Sumatera di Indonesia
Daftar habitat Harimau Sumatera di Indonesia menarik untuk diketahui. Foto: Adelaide Zoo
JAKARTA - Populasi Harimau Sumatera di Indonesia terancam punah karena berbagai faktor. Mulai perburuan liar, perusakan habitat oleh manusia, pembalakan liar dan perkebunan, hingga konflik dengan manusia.

Karena itu, upaya pelestarian Harimau Sumatera harus dilakukan untuk melindungi spesies ini dari kepunahan. Upaya-upaya tersebut, antara lain pengawasan habitat Harimau Sumatera untuk mencegah perburuan liar dan perusakan habitat.

Lalu, masyarakat pun harus diedukasi tentang pentingnya pelestarian Harimau Sumatera.

Dengan upaya pelestarian yang tepat, diharapkan populasi Harimau Sumatera dapat meningkat dan spesies ini dapat terhindar dari kepunahan.
Nah, berikut adalah daftar habitat Harimau Sumatera di Indonesia yang penting untuk diketahui:

1. Taman Nasional Gunung Leuser
Menyelamatkan Raja Rimba: Inilah Daftar Habitat Harimau Sumatera di Indonesia

Taman Nasional Gunung Leuser di Aceh merupakan habitat harimau sumatera terbesar di dunia, dengan populasi diperkirakan mencapai 800 individu.

2. Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat di Jambi dan Sumatera Barat adalah rumah bagi populasi Harimau Sumatera terbesar kedua, dengan populasi diperkirakan mencapai 400 individu.

3. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan di Lampung adalah habitat penting bagi harimau sumatera, dengan populasi diperkirakan mencapai 200 individu.

4. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas di Lampung adalah habitat penting bagi harimau sumatera, dengan populasi diperkirakan mencapai 100 individu.

5. Taman Nasional Tesso Nilo

Taman Nasional Tesso Nilo di Riau adalah habitat penting bagi harimau sumatera, dengan populasi diperkirakan mencapai 50 individu.

Selain taman nasional tersebut, Harimau Sumatera juga masih ditemukan di beberapa habitat lain, seperti:

- Hutan Lindung Singgah Mata: Hutan Lindung Singgah Mata di Aceh adalah habitat penting bagi harimau sumatera, dengan populasi diperkirakan mencapai 20 individu.

- Kawasan Ekosistem Leuser: Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) di Aceh adalah habitat penting bagi harimau sumatera, dengan populasi diperkirakan mencapai 100 individu.

- Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan: Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan di Riau adalah habitat penting bagi harimau sumatera, dengan populasi diperkirakan mencapai10individu.