11 Ikan Tercepat di Dunia, Ada yang Mampu Berenang 128 Km per Jam

Kamis, 28 Maret 2024 - 20:05 WIB
loading...
11 Ikan Tercepat di Dunia, Ada yang Mampu Berenang 128 Km per Jam
Ikan Layar mampu melaju hingga kecepatan tertinggi 110 Km/jam. (Foto: Dictio Community)
A A A
JAKARTA - Cheetah boleh bangga menjadi hewan tercepat di daratan, tapi lain lagi ceritanya di lautan. Deretan ikan-ikan di bawah ini akan membuat takjub siapa pun. Betapa tidak, kecepatan berenangnya sungguh luar biasa, bahkan ada yang mampu melaju hingga kecepatan 128 Km per jam.

Banyak orang yang penasaran kenapa ikan mampu berenang dengan sangat cepat. Rahasianya ada pada bentuk tubuh ikan yang ramping. Selain itu, biasanya ikan yang mampu berenang cepat memiliki moncong runcing dan ekor lebar serta penggerak yang mampu bermanuver melalui tempat terbuka dengan hambatan minimal.

Langsung saja, berikut deretan ikan tercepat di dunia dilansir dari HowStuffWorks, Kamis (28/3/2024) :

1. Ikan Layar


Disebut ikan layar karena memiliki sirip punggung yang menyerupai layar. Ikan layar dijuluki sebagai salah satu ikan tercepat di dunia, sebuah gelar yang disandangnya dengan bangga berkat adaptasi dan kehebatan evolusioner yang luar biasa. Faktanya, ikan layar mampu menyentuh kecepatan tertinggi 68 mph (110 Km/jam).

Ikan layar hidup di perairan hangat Samudera Hindia dan Pasifik. Ikan ini memiliki bentuk ramping yang melambangkan efisiensi hidrodinamik. Otot-ototnya yang kuat berkontraksi dengan cepat, mendorong melewati air dengan kecepatan yang melebihi kecepatan pengejaran dalam waktu singkat.

Berbeda dengan spesies lain, ikan layar memiliki banyak sirip yang tersusun secara presisi di sepanjang tubuhnya yang ramping. Sirip punggung yang mirip layar, bersama dengan sirip punggung yang menonjol dari belakang dan sirip dada di samping, menjadi kunci stabilitas dan manuver dalam berenang. Sirip belakang sebagai pendorong yang membuatnya mampu bergerak cepat menerjang kedepan.

Di balik tubuhnya yang ramping, duri-duri bertulang menambah integritas strukturalnya, memungkinkan ledakan kecepatan yang memikat. Sirip yang menyerupai layar membuat pergerakan menjadi minim hambatan dan sirip yang dikembangkan berfungsi sebagai perlindungan diri dari ancaman predator.


2. Ikan Todak


Menyelam ke perairan yang lebih dalam, ikan Todak muncul sebagai salah satu ikan tercepat di dunia. Kecepatan maksimum ikan Todak sekitar 60 mph (94 km/jam).

Dikenal karena paruhnya yang ikonik dan memanjang seperti pedang, spesies ini membelah air dengan presisi dan lincah. Otot ikan todak yang besar dan kuat memungkinkan semburan cepat yang mendorong ikan ke depan, memungkinkannya menavigasi air dengan kecepatan yang memukau.

Ikan todak dapat menahan suhu air yang sangat dingin karena adanya organ khusus yang terletak di dekat otaknya, yang dikenal sebagai mekanisme pertukaran panas berlawanan arah. Organ khusus ini benar-benar memanaskan otak dan mata, sehingga memungkinkan ikan Todak berpikir jernih meski berada di dalam air dingin. Selain itu, juga memudahkan dalam mengintai mangsanya.

3. Ikan Wahoo atau Tenggiri


Di perairan tropis dan subtropis di seluruh dunia, Wahoo adalah nama yang mencerminkan kecepatan dan ketangkasan. Ikan ini terkenal karena kemampuannya mencapai kecepatan yang menjadikan predator tangguh. Kecepatan maksimum wahoo adalah sekitar 48 mph (77 km/jam).

Tubuh wahoo yang ramping dan berbentuk torpedo disesuaikan dengan sempurna untuk mengejar kecepatan tinggi, memungkinkannya melesat di udara dengan akselerasi luar biasa. Bentuknya yang ramping meminimalkan hambatan, memungkinkan wahoo membelah arus laut saat mengejar mangsa dengan efisien.

Salah satu fitur menarik dari wahoo adalah rangkaian yang tajam dan bergerigi, yang mampu mengiris hasil tangkapannya, biasanya ikan kecil dan cumi-cumi, dengan mudah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2296 seconds (0.1#10.140)