Kucing Hutan Peliharaan Okin Mati, di India Statusnya Terancam Punah

Jum'at, 29 Maret 2024 - 08:44 WIB
loading...
A A A
Caracal caracal schmitzi, kucing liar berukuran kecil yang memiliki telinga berumbai panjang dan bulu berwarna cokelat kemerahan atau cokelat-pasir, mungkin di ambang kepunahan di India.

Ilmuwan khawatir setelah cheetah Asia, yang dinyatakan punah pada 1952, Caracal akan menjadi spesies kucing kedua yang punah di India.

Berdasarkan estimasi tahun 2015, sekitar 28 caracal ditemukan di Cagar Alam Harimau Ranthambhore di Rajasthan, dan para ilmuwan memperkirakan sekitar 20 ekor terdapat di wilayah Kutch, Gujarat. Ini dilaporkan sebagai satu-satunya populasi kucing yang tersisa di India.

Meskipun secara global tergolong sebagai "risiko rendah" dalam Daftar Merah IUCN, di India, spesies ini telah terdaftar sebagai "hampir terancam" oleh Rencana Penilaian dan Manajemen Konservasi dan penilaian Daftar Merah IUCN.

Spesies ini dimasukkan dalam kategori Jadwal-I Undang-Undang Perlindungan Satwa Liar India (1972), memberikannya perlindungan setinggi mungkin.



“Secara historis, caracal ditemukan di seluruh India Tengah dan dataran Indo-Gangga. Tetapi tidak ada penampakan hewan di wilayah ini selama 40 tahun terakhir,” kata YV Jhala, mantan dekan Institut Margasatwa India.

“Kami telah mencoba secara ekstensif untuk menjebak kamera (caracal) di Taman Nasional Kuno sejak 2006 tetapi semuanyasia-sia.”
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)