Gerhana Matahari Total Gelapkan Amerika Utara pada Siang Hari Ini

Senin, 08 April 2024 - 18:46 WIB
loading...
Gerhana Matahari Total Gelapkan Amerika Utara pada Siang Hari Ini
Gerhana Matahari Total. FOTO/ DAILY
A A A
LIMA - Gerhana matahari total akan melintasi benua Amerika Utara hari ini dan memberikan kesempatan langka bagi orang-orang untuk melihat langit malam menjadi gelap sejenak.



Seperti dilansir dari NBC News, Senin (8/4/2024), jalur gerhana diperkirakan melintasi Meksiko, 15 negara bagian Amerika Serikat (AS), dan Kanada bagian timur.

Di semua negara bagian AS lainnya, orang akan menyaksikan gerhana matahari sebagian dengan bulan menutupi matahari dan sebagian mengaburkan cahayanya.

Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) memperkirakan 31,6 juta orang hidup di jalur yang disebut jalur totalitas, di mana gerhana matahari total akan terlihat.

Fenomena gerhana matahari total yang diperkirakan terjadi di Amerika Utara pada Senin ini kemungkinan besar tidak akan membuat Hari Raya Aidilfiri dirayakan lebih awal atau menyebabkan bumi gelap selama tiga hari seperti yang diklaim beberapa pihak.

Sebelumnya, di media sosial beredar klaim bahwa bumi akan gelap selama tiga hari pada Senin hingga Rabu akibat fenomena gerhana matahari total.

Beberapa pihak pun mengemukakan teori bahwa Hari Raya Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada Rabu ini akan dirayakan lebih awal karena adanya fenomena alam.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)