Spesifikasi Piranha, Kendaraan Tempur Andalan Marinir Amerika

Rabu, 10 April 2024 - 12:01 WIB
loading...
A A A
Piranha dapat berpindah dari kapal amfibi di laut ke pantai melalui hovercraft LCAC Angkatan Laut AS dan Landing Craft Utility. Dengan memasang trim vane dan menggunakan baling-baling yang terpasang di lambung, Piranha dapat melintasi rintangan air dengan kecepatan 10 kilometer per jam.



Kendaraan lapis baja ringan Piranha diatur dalam batalyon, dengan satu batalyon untuk masing-masing dari empat divisi Marinir. Setiap batalyon terdiri dari 120 kendaraan lapis baja ringan, termasuk Piranha, varian komando dan kendali (LAV-CC), varian pemulihan (LAV-R), varian logistik (LAV-L), varian anti-tank (LAV-AT), dan kendaraan mortir (LAV-M).

Piranha pertama kali beraksi dalam invasi Panama pada Desember 1989. Tahun berikutnya, kendaraan ini dikirim ke Arab Saudi untuk menghadapi serangan Irak ke Arab Saudi. Pada Februari 1991, Piranha menjadi ujung tombak pembebasan Kuwait sebagai bagian dari Operasi Desert Storm. Dari 1992 hingga 1999, Piranha dikerahkan ke Somalia, Liberia, Zaire, Republik Afrika Tengah, Republik Kongo, Sierra Leone, Albania, dan Bosnia-Herzegovina.

Saat ini, Piranha menjadi bagian dari setiap Unit Ekspedisi Marinir, satuan tugas gabungan udara-darat-laut berkekuatan 5.000 personel yang dilatih untuk dikerahkan dari kapal amfibi .
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1844 seconds (0.1#10.140)