Amerika Diserbu Quadriliun Jangkrik! Waspada Kiamat Jangkrik Cicada-geddon!

Rabu, 10 April 2024 - 19:05 WIB
loading...
Amerika Diserbu Quadriliun Jangkrik! Waspada Kiamat Jangkrik Cicada-geddon!
Quadrilin jangkrik diperkirakan menyebar di sejumlah daerah di Amerika, dampak dan keberadaannya terus diteliti. Foto: Reuters
A A A
AMERIKA - Triliunan jangkrik periodik bakal muncul dari tanah Amerika pada musim semi ini. Seperti di film-film horro atau thriller, jangkrik-jangkrik yang disebut cicada tersebut membawa dengungan keras dan menghabiskan banyak tanaman petani.

Tahun ini, Amerika akan kedatangan dua kelompok jangkrik periodik. Mereka yang muncul setiap 13 tahun dan yang muncul setiap 17 tahun. Uniknya, jangkrik-jangkrik ini menghabiskan sebagian besar hidup mereka di bawah tanah. Lalu, mereka muncul ke permukaan setelah suhu mencapai 18 derajat Celcius. Mereka diperkirakan akan tiba pada pertengahan Mei 2024.

Tahun ini, baik jangkrik 13 tahunan maupun 17 tahunan akan bermuncul. Ngerinya, dalam jumlah yang belum pernah terlihat selama beberapa generasi.

Jangkrik akan kawin, berganti kulit, dan kemudian mati, meninggalkan keturunan mereka untuk mengubur diri ke dalam tanah dan tidak aktif hingga siklus kawin berikutnya.

Di mana jangkrik akan muncul di tahun 2024?
Amerika Diserbu Quadriliun Jangkrik! Waspada Kiamat Jangkrik Cicada-geddon!

Jangkrik 13 tahunan, yang disebut Brood XIX, akan muncul di wilayah Georgia. Sementara jangkrik 17 tahunan, yang disebut Brood XIII, akan muncul di Illinois.

Ini akan jadi yang pertama kalinya sejak 1803 dua jenis jangkrik muncul pada waktu yang sama. Terjadinya kembali hal ini adalah tahun 2037.
Tumpang tindih dua induk jangkrik ini telah dijuluki ahli sebagai "cicada-geddon" atau kiamat jangkrik.

Meski, sebenarnya ini bukan kemunculan jangkrik terbesar. Pada 2076, dua induk terbesar –XIX dan XIV – akan keluar bersamaan. "Itulah baru cicada-palooza," kata pakar jangkrik University of Connecticut, John Cooley.

Induk-induk jangkrik akan muncul dengan damai. Cooley memperkirakan akan ada ratusan triliun – bahkan kuadriliun – jangkrik. Rata-rata 1 juta jangkrik per hektar (sekitar 2,5 acre).

Jangkrik Zombie

Unikny lagi, beberapa jangkrik mungkin telah terpapar patogen jamur yang disebut Massospora cicadina, yang membuatnya menjadi hiperseksual.

Infeksi jamur yang ditularkan secara seksual ini mengubah mereka menjadi apa yang disebut "jangkrik zombie", dengan gumpalan putih seperti kapur
meletus dari tubuh mereka dan membuat alat kelamin mereka rontok.

Pakar jangkrik Matthew Kasson mengatakan masih belum jelas bagaimana dampak jamur ini pada satwa liar, hewan, atau manusia lainnya.



"Jangkrik terus berpartisipasi dalam aktivitas normal, seperti yang akan dilakukan jika sehat," kata Kasson, seorang profesor Mikologi dan Patologi Hutan di West Virginia University, kepada CBS News.

"Mereka mencoba kawin, terbang, berjalan di atas tanaman. Namun, sepertiga dari tubuhnya telah digantikan oleh jamur. Itu benar-benar aneh."

Kemunculan jangkrik ganda ini terutama akan terlihat di beberapa bagian Illinois dan Iowa, serta beberapa bagian Kentucky, Missouri, Arkansas, Tennessee, Mississippi, Alabama, Georgia, Carolina Selatan, Carolina Utara,danVirginia.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)