Astronot Buktikan Keajaiban Buah Zaitun yang Disebutkan dalam Al Qur'an

Jum'at, 12 April 2024 - 06:25 WIB
loading...
A A A


"Proyek ini akan memberikan gambaran baru tentang komposisi dan umur simpan minyak zaitun di luar angkasa dan mengumpulkan informasi baru tentang perangkat keras yang saat ini digunakan di ISS," kata Del Bianco.

Astronot ESA Italia Samantha Cristoforetti membawa empat EVOO Italia berkualitas tinggi yang dipilih dengan cermat ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sebagai bagian dari misi Minerva miliknya. Minyak zaitun ini, yang dipilih oleh Coldiretti dan Unaprol (asosiasi produsen minyak zaitun Italia), mewakili berbagai wilayah di Italia dan memiliki kandungan antioksidan alami yang tinggi, yang penting untuk menjaga kesehatan astronot selama berada di luar angkasa.

Dengan semua sampel minyak zaitun sekarang kembali dengan selamat ke Bumi, Del Bianco dan ISA hampir selesai dengan analisis mereka. "Analisis fisikokimia, sensorik, dan nutrisi dilakukan pada minyak zaitun extra virgin sebelum dan sesudah penerbangan (kami masih menganalisis sampel terakhir), ditambah sampel kontrol yang disimpan di lapangan, untuk menentukan efek paparan lingkungan ruang angkasa terhadap umur simpan minyak zaitun," kata Del Bianco.

Secara keseluruhan, misi ini memiliki beberapa tujuan. Pertama, para peneliti ingin mengetahui bagaimana gravitasi mikro dan radiasi kosmik memengaruhi karakteristik kimia-fisika, nutrisi, dan mikrobiologi EVOO. Investigasi ini akan memberikan wawasan berharga tentang stabilitas dan umur simpan produk makanan di luar angkasa, yang penting untuk merencanakan misi jangka panjang.

Kedua, proyek ini mengeksplorasi bagaimana lingkungan ruang angkasa memengaruhi sifat sensorik dan profil rasa EVOO. Karena indra pengecap dan penciuman astronot dapat berubah di luar angkasa, memahami bagaimana perubahan ini memengaruhi persepsi mereka terhadap makanan sangat penting untuk memastikan kesejahteraan mereka dan menjaga pola makan yang seimbang.

Lebih lanjut, proyek EVOO in Space bertujuan untuk menyelidiki potensi manfaat konsumsi EVOO bagi kesehatan astronot selama misi ruang angkasa yang diperpanjang. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam EVOO, seperti polifenol dan vitamin E, dapat membantu melindungi astronot dari efek berbahaya radiasi kosmik dan stres oksidatif.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)