Apa Makanan Harimau Sumatera? Ini Buruan Favorit hingga Kebiasaan Uniknya

Jum'at, 12 April 2024 - 13:00 WIB
loading...
Apa Makanan Harimau Sumatera? Ini Buruan Favorit hingga Kebiasaan Uniknya
Harimau Sumatera termasuk satwa yang unik. (Foto: KLHK)
A A A
JAKARTA - Apa makanan harimau Sumatera? Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) termasuk satwa mamalia yang unik. Mereka punya makanan buruan favorit hingga punya kebiasaan khusus.

Hewan yang termasuk dalam famili Felidae (kucing) ini mempunyai tampilan paling kecil dari lima subspesies harimau yang masih ada di dunia. Ukurannya setara leopard atau jaguar besar, dan harimau jantan berbobot hingga 140 kilogram sedangkan yang betina 110 kilogram. Auman Harimau Sumatera sangat nyaring, sampai bisa terdengar dari jarak 3 kilometer.

Melansir laman Rekoforest.org, Jumat (12/4/2024) sesuai sebutannya, harimau Sumatera menghuni Pulau Sumatera dengan ciri belang warna hitam. Motif bulu ini ternyata berguna ketika ia menyergap mangsanya di hutan rimba di yang mengharuskannya menyamarkan diri dengan rimbunan vegetasi. Konon tidak ada dua harimau yang memiliki belang sama, karena tiap harimau memiliki pola belang yang unik untuk dirinya sendiri.

Berbeda dengan apa yang banyak diyakini, harimau lebih suka menghindari kehadiran manusia. Harimau Sumatera tergolong makhluk yang soliter namun sangat protektif terhadap wilayahnya. Serangan harimau terhadap manusia bisa terjadi karena satwa ini merasa diserang, atau adanya perubahan perilaku karena harimau tengah sakit, tidak sehat, atau menua.



Lantas apa makanan harimau Sumatera? Harimau Sumatera umumnya berburu pada malam hari, dan makanan buruan favoritnya antara lain rusa, babi hutan, lembu, monyet, burung, dan ikan. Harimau Sumatera mampu menggigit mangsanya secara cepat dengan kekuatan 1.000 psi.

Uniknya, meski dikenal sebagai hewan karnivora, namun harimau Sumatera juga gemar memakan buah durian. Fakta ini diungkap oleh Balai Taman Nasional (BTN) Tesso Nilo melalui unggahan di media sosial Instagram @btn_tessonilo, beberapa waktu lalu. Disebutkan bahwa harimau Sumatera punya kebiasaan unik memakan buah durian.



Para peneliti menyebut, selain gemar menunggu hewan yang kerap berkumpul di pohon durian untuk dijadikan mangsa, harimau juga rupanya suka dengan buah durian . Ketika musim buah datang, selain mengintai mangsanya yang berkumpul di sekitar pohon durian, harimau juga menunggu durian jatuh untuk kemudian dimakan. Dengan begitu, dalam satu waktu harimau bisa mendapatkan banyak asupan makanan sekaligus.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2064 seconds (0.1#10.140)