Jenis Harimau yang Ada di Taman Safari Indonesia

Minggu, 14 April 2024 - 10:17 WIB
loading...
Jenis Harimau yang Ada di Taman Safari Indonesia
Jenis Harimau yang Ada di Taman Safari Indonesia. FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
JAKARTA - Jenis Harimau yang ada di Taman Safari Indonesia terbilang cukup banyak, Harimau Sumatera adalah satu-satunya subspesies harimau di Indonesia yang masih bertahan.

BACA JUGA - Bertaring Panjang, Inilah Wujud Seram Leluhur Harimau Jawa

Taman Safari Indonesia Bogor merupakan Pusat Konservasi kelas dunia dan dinobatkan sebagai situs konservasi terbaik oleh Kementerian Kehutanan Indonesia.

Saat ini, diperkirakan jumlah harimau Sumatera tak lebih dari 400-an ekor saja, menurun drastis ketimbang 10-20 tahun lalu.

Penyebabnya tak lain dan tak bukan, adalah berkurangnya habitat, tempat mereka tinggal. Akibatnya, harimau Sumatera semakin sering menampakkan diri di pemukiman dan perkebunan warga. Alhasil, konflik pun sering terjadi.

Di satu sisi, warga menganggap harimau Sumatera yang masuk ke wilayah pemukiman merupakan ancaman yang perlu dilawan. Sehingga pada akhirnya, jumlah harimau terus berkurang.

Harimau yang ada di Taman Safari Indonesia ada dua jenis, yakni harimau Benggala dari India dan harimau Sumatera dari Indonesia.

, Indonesia memiliki tiga subspecies harimau, yakni Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica), Harimau Bali (Panthera tigris balica) dan Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae).

Ada sembilan sub species harimau di dunia, yaitu Harimau Jawa, Bali, Kaspia, Sumatera, Benggala, Siberia, Malaya, China Selatan dan Indochina. Tiga di antaranya telah punah yaitu Harimau Bali, Harimau Jawa dan Harimau Kaspia,

Taman Safari Indonesia Bogor memiliki lebih dari 2500 ekor satwa dari 250 spesies yang berasal dari berbagai benua, seperti Asia, Afrika, Amerika, dan Australia.

Beberapa satwa yang dapat kamu temui di Taman Safari Indonesia Bogor antara lain adalah harimau, singa, gajah, jerapah, zebra, kuda nil, beruang, kanguru, panda merah, pinguin, dan masih banyak lagi. pengunjung dapat melihat satwa-satwa tersebut dalam habitatnya yang alami dan nyaman, serta berinteraksi dengan mereka secara langsung.

Disini, pengunjung dapat mengelilingi area Taman Safari Indonesia Bogor dengan menggunakan mobil pribadi atau bus yang telah disediakan oleh pihak Taman Safari.

Pengunjung dapat melihat dan memberi makan satwa-satwa yang ada di sepanjang jalan, seperti harimau, singa, gajah, jerapah, zebra, dan lain-lain. Kamu juga dapat mengabadikan momen-momen berharga dengan satwa-satwa tersebut dengan menggunakan kamera atau ponsel.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1563 seconds (0.1#10.140)