Dipercaya Bangkai Alien, Ratusan Mumi Aneh di Peru Dicuri

Minggu, 14 April 2024 - 18:36 WIB
loading...
A A A
“Tetapi hal ini menyiratkan bahwa klaim atas keberhasilan pemerintah perlu dikaji ulang jika benda-benda seperti [mayat-mayat yang dibawa ke Meksiko] dapat meninggalkan negara tersebut.”

Perdagangan benda-benda budaya meningkat secara signifikan di seluruh dunia sejak pandemi COVID-19 melanda, menurut UNESCO dan Organisasi Bea Cukai Dunia, ketika para pedagang di pasar gelap memanfaatkan peralihan ke penjualan online, yang memberi mereka lebih banyak privasi dibandingkan berbelanja secara langsung.

“Jejaring sosial telah menjadi ruang penjualan karya seni dan barang antik yang berasal dari ilegal, dan sayangnya lalu lintas ini meningkat selama pandemi COVID-19,” kata Enrique Lopez-Hurtado, mantan koordinator sektor budaya UNESCO Peru.

Sulit bagi Peru, yang berbatasan dengan lima negara dan memiliki 27 penyeberangan perbatasan, untuk menghentikan barang-barang jarahan keluar dari negara tersebut.

Di bandara internasional Lima, pemindai x-ray dipantau untuk mencari materi budaya dan mayoritas pelakunya adalah wisatawan.

Pemerintah Peru harus mengambil langkah tegas untuk melindungi situs arkeologi dan mencegah penjarahan. Upaya edukasi masyarakat tentang pentingnya situs warisan budaya juga perlu dilakukan.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)