Ini 4 Harimau Terbuas di Dunia, No 3 dari Indonesia

Rabu, 17 April 2024 - 12:53 WIB
loading...
Ini 4 Harimau Terbuas di Dunia, No 3 dari Indonesia
Harimau terbuas di dunia berasal dari beragam jenis. Salah satunya dari Indonesia. Foto: Nat Geo
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah harimau terbuas di dunia yang menarik diketahui. Salah satunya berasal dari Indonesia. Harimau merupakan hewan buas yang ditakuti. Tak hanya bagi hewan lain, keberadaannya juga ditakuti manusia karena bisa menyerang sewaktu-waktu.

Sepanjang sejarahnya, telah hadir berbagai spesies harimau di dunia. Namun, sebagian besar di antaranya telah mengalami kepunahan akibat berbagai faktor berbeda.

Saat ini, spesies harimau di dunia terbilang hanya sedikit. Dirangkum dari berbagai sumber Rabu (17/4/2024), berikut ini beberapa di antaranya yang paling buas.

Harimau Terbuas di Dunia

1. Harimau Bengal
Ini 4 Harimau Terbuas di Dunia, No 3 dari Indonesia

Bicara tentang harimau, salah satu yang cukup dikenal adalah harimau Bengal. Biasa disebut juga sebagai harimau Benggala, spesies ini menjadi salah satu yang paling besar selain harimau Siberia.

Mengutip A-z Animals, harimau Bengal diperkirakan tiba di India antara 12.000 sampai 15.000 tahun yang lalu. Ciri khasnya adalah memiliki bulu berwarna kuning hingga oranye terang dengan garis-garis coklat atau hitam di punggung serta jumbai putih di sekitar telinganya.

Selain bentuk tubuhnya, harimau Bengal punya gigi yang besar dan tajam. Belum lagi, ada cakar dan kaki yang kuat untuk melumpuhkan makhluk apa pun sebagai mangsanya.

Pada aksinya, harimau Bengal mampu membunuh buruan yang beratnya berlipat dari bobotnya sendiri. Sekali makan, mereka bisa mengonsumsi hingga 100 pon daging.

2. Harimau Siberia
Ini 4 Harimau Terbuas di Dunia, No 3 dari Indonesia

Harimau Siberia punya reputasi sebagai ‘kucing besar’ yang paling kuat. Beberapa pengamat bahkan memperkirakan mereka bisa menang jika berhadapan dengan harimau Bengal.

Mengutip WildExplained, harimau Siberia memiliki surai dan garis-garis yang berwarna sedikit pucat. Kemudian, bulunya tebal yang memungkinkannya tetap hangat untuk berada di daerah dingin Rusia.

Pada aksinya mencari mangsa, harimau Siberia terbilang sangat lihai berburu. Mereka bahkan disebut tidak takut untuk menyerang mangsa besar semacam beruang coklat.


3. Harimau Sumatera

Jika dibandingkan dengan ukuran spesies lain di atas, harimau Sumatera memang punya tubuh yang lebih kecil. Namun, jangan salah paham dulu.

Meski tubuhnya relatif lebih kecil, harimau ini sangat gesit dan agresif. Raungan mereka yang menandakan agresivitasnya bisa terdengar dari jarak hingga 3 kilometer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1551 seconds (0.1#10.140)