Mengenal Lebih Dekat Teknologi Radiasi dalam Pengobatan Kanker

Selasa, 16 April 2024 - 12:07 WIB
loading...
Mengenal Lebih Dekat Teknologi Radiasi dalam Pengobatan Kanker
Teknologi Radiasi dalam Pengobatan Kanker. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Pada 2022, jumlah penderita kanker di dunia sebanyak 9,6 juta orang. Indonesia menduduki peringkat ke-8 di Asia Tenggara untuk jumlah penderita kanker.

Salah satu pengobatan kanker yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan terapi radiasi atau sering dikenal dengan radioterapi.

BACA JUGA - Kisah Mengerikan Korban Radiasi Eksperimen Nuklir Tokaimura Jepang

Bersama Siloam Hospitals Group (SHG) khususnya RS Siloam MRCCC Semanggi (MRCCC) yang berfokus pada penanganan kanker di Indonesia, kita akan membahas mengenai jenis dan tujuan terapi radiasi, kandidat pasien yang cocok untuk terapi radiasi, serta efek samping yang mungkin terjadi.

Terapi radiasi adalah metode pengobatan kanker yang menggunakan radiasi sebagai pembunuh sel kanker dan upaya pencegahan kanker yang diderita pasien. Sekitar 60% lebih pasien kanker di Indonesia memerlukan treatment ini.

Secara singkat dapat dijelaskan bahwa tahapan awal yang perlu dilakukan adalah pengambilan gambar dari pasien (CT Planning) untuk mendeteksi target radiasi. Lalu, akan dilakukan penentuan titik target dan perencanaan radiasi oleh dokter sebelum dilakukannya radioterapi atau terapi radiasi.

Terapi radiasi dipertimbangkan menjadi salah satu treatment untuk beberapa tujuan, antara lain mengecilkan ukuran tumor sebelum operasi, mengobati kanker, mencegah kanker kembali muncul, dan mengurangi nyeri akibat kanker yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas hidup dari pasien.

”Jadi, sebelum dilakukan terapi radiasi yang penting adalah penentuan karakter dari kanker tersebut, apakah berespons baik terhadap terapi radiasi atau tidak,” ujar dr. Denny Handoyo Kirana, Sp.Onk.Rad (K), dokter spesialis onkologi radiasi MRCCC.

Terapi radiasi merupakan treatment yang lebih fokus dan tertarget dibandingkan dengan pengobatan kanker yang lain, karena metode ini secara tepat dan akurat hanya menyerang area kanker namun menghindari organ sehat yang berada disekitar target. Hal ini juga menjadi keunggulan dari Terapi radiasi dibandingkan metode pengobatan kanker lainnya.

Setiap pengobatan lazimnya memiliki risiko efek samping termasuk terapi radiasi yang dapat dibedakan menjadi dua, yaitu efek samping jangka pendek (jika muncul segera hingga di bawah 6 bulan) dan efek samping jangka panjang (jika muncul di atas 6 bulan).
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2300 seconds (0.1#10.140)