Ichthyosaurus Berusia 202 Juta Tahun Diklaim sebagai Reptil Laut Terbesar di Dunia

Kamis, 18 April 2024 - 14:46 WIB
Ichthyosaurus. FOTO/ DAILY
LONDON - Sebuah spesies Ichthyosaurus baru yang hidup 202 juta tahun lalu mungkin telah merebut gelar reptil laut terbesar yang pernah ada. Perkiraan berdasarkan penemuan tulang rahang menunjukkan panjangnya mencapai sekitar 25 meter (82 kaki), sebanding dengan paus biru modern.

Seperti dilansir dari IFL Science, spesies baru dalam ilmu pengetahuan ini dinamakan Ichthyotitan severnensis, yang berarti "kadal ikan raksasa dari Severn".

Cerita penemuannya dimulai pada tahun 2020, tahun yang terpanas, ketika tim ayah dan anak Justin dan Ruby Reynolds menemukan fosil tulang rahang.

Mereka sedang berburu fosil di sepanjang Blue Anchor di Somerset ketika Ruby, yang saat itu berusia 11 tahun, menemukan potongan pertama, dan penemuan selanjutnya melengkapi koleksi mereka. Mereka menghubungi ahli ichthyosaurus Dr. Dean Lomax, dari Rutland Sea Dragon yang terkenal, untuk mengidentifikasi temuan mereka.

Untungnya, fosil mereka melengkapi penemuan tulang rahang raksasa lain pada tahun 2016 oleh ahli paleontologi Paul de la Salle di Lilstock, tidak jauh dari tempat pencarian keluarga Reynolds. Materi tambahan ini memberi para ilmuwan informasi yang mereka butuhkan untuk mendeskripsikan monster laut prasejarah baru ini.

Ichthyotitan severnensis diperkirakan memiliki panjang sekitar 25 meter (82 kaki), sebanding dengan paus biru modern.

Fosil tulang rahang ditemukan oleh tim ayah dan anak Justin dan Ruby Reynolds pada tahun 2020 di Somerset, Inggris. Ahli paleontologi Dr. Dean Lomax membantu mengidentifikasi spesies baru ini.

Pentingnya: Penemuan ini menunjukkan bahwa Ichthyosaurus adalah predator puncak di lautan pada masanya dan memberikan wawasan baru tentang evolusi reptil laut.