Foto Gunung Es yang Menenggelamkan Kapal Titanic Akhirnya Dipublikasikan

Selasa, 23 April 2024 - 16:27 WIB
loading...
Foto Gunung Es yang Menenggelamkan Kapal Titanic Akhirnya Dipublikasikan
Gunung Es yang Menenggelamkan Kapal Titanic. FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
NEW YORK - Foto yang diambil dua hari setelah tenggelamnya Titanic akan dilelang bulan ini. Foto yang diambil oleh pengurus pemakaman John Snow Jr mungkin menunjukkan gunung es yang menenggelamkan kapal tersebut dalam pelayaran perdananya 112 tahun lalu pada 14 April.



Saat Titanic tenggelam 640 kilometer (400 mil) di lepas pantai Newfoundland, Kanada, lebih dari 1.500 penumpang, dari total lebih dari 2.200 orang, meninggal - banyak di antaranya karena tenggelam atau hipotermia akibat tenggelamnya kapal.

Seperti dilansir dari IFL Science, Selasa (22/4/2024), John Snow Jr adalah kepala pembalsem di rumah duka John Snow & Co dan dipanggil ke bangkai kapal Titanic untuk membantu mengumpulkan beberapa, meskipun tidak semua, jenazah untuk dimakamkan.

Foto tersebut, yang diambil pada 16 April 1912, menunjukkan gunung es besar dengan bercak merah di sisinya. Dipercaya bahwa cat merah berasal dari lambung Titanic. Foto ini dianggap sebagai bukti kuat bahwa gunung es yang difoto adalah gunung es yang sama yang menenggelamkan kapal.

Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak ada kepastian mutlak bahwa gunung es dalam foto tersebut adalah gunung es yang menenggelamkan Titanic.

Ada banyak gunung es lain di daerah tersebut pada saat itu, dan tidak mungkin untuk mengatakan dengan pasti mana yang menabrak kapal.

Terlepas dari ketidakpastian ini, foto tersebut tetap menjadi peninggalan berharga dari salah satu bencana maritim paling terkenal dalam sejarah.

Foto ini menawarkan sekilas tentang peristiwa tragis yang terjadi 112 tahun lalu dan berfungsi sebagai pengingat hilangnya nyawa yang tak terhitung jumlahnya.

Lelang foto tersebut akan diadakan pada 24 Oktober 2015 di Balai Lelang Henry Aldridge & Son di Devizes, Inggris. Perkiraan harga foto tersebut adalah antara £4.000 dan £7.000.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)