Ilmuwan Sebut Kehidupan Adalah Konsekuensi Entropi

Kamis, 25 April 2024 - 20:30 WIB
Ilmuwan Sebut Kehidupan Adalah Konsekuensi Entropi
Kehidupan Adalah Konsekuensi Entropi. FOTO/ DAILY
LONDON - Pertanyaan tentang bagaimana kehidupan pertama kali muncul di Bumi masih menjadi misteri besar.

BACA JUGA - Arkeolog Israel Menemukan 'Wajah Tuhan'

Para ilmuwan memiliki beberapa teori tentang bagaimana kehidupan dimulai, seperti di dekat lubang hidrotermal yang menyediakan energi untuk reaksi kimia yang menghasilkan organisme hidup pertama.

Seperti dilansir dari IFL Science, namun, beberapa ilmuwan berpendapat bahwa ada penjelasan yang lebih fundamental, yaitu bahwa kehidupan merupakan konsekuensi dari entropi.

Entropi adalah ukuran ketidakteraturan suatu sistem. Ketika suatu sistem memiliki entropi tinggi (atau ketidakteraturan tinggi), komponennya dapat diganti dan hasilnya akan hampir sama.

Namun, di alam semesta ada benda-benda, seperti kehidupan, yang memiliki entropi rendah. Hal ini mungkin tampak melanggar hukum kedua termodinamika (yang menyatakan bahwa entropi dalam sistem tertutup selalu meningkat, atau segala sesuatu cenderung tidak teratur).

Tetapi kenyataannya tidak demikian. Kehidupan tidak melanggar hukum kedua karena ia mengambil energi dari lingkungan, mengeluarkan energi untuk sementara waktu menurunkan entropinya, seperti ketika Anda mendorong salju ke dalam bentuk manusia salju, menciptakan keteraturan sementara, hingga entropi menariknya kembali ke dalam kekacauan.

Ketika keseluruhan sistem (termasuk sumber energi untuk kehidupan, dan panas yang dikeluarkan oleh kehidupan) diperhitungkan, keseluruhan sistem terus menuju entropi.

Hukum statistik alam semesta ini pertama kali ditemukan oleh Rudolf Clausius, yang mengamati bahwa panas mengalir dari benda bersuhu lebih tinggi ke benda bersuhu lebih rendah, dan bukan sebaliknya. Menurut Inggris, kehidupan dan struktur mirip kehidupan dapat muncul di lingkungan yang kompleks dan kacau dengan cara yang lebih baik dalam mendistribusikan panas ke lingkungan.

Dengan kata lain, kehidupan dan struktur mirip kehidupan muncul sebagai konsekuensi entropi, karena kemampuannya mendistribusikan panas.

Dalam sebuah makalah, Inggris menyimulasikan sup kompleks yang terdiri dari 25 bahan kimia pada konsentrasi bervariasi dengan berbagai tingkat energi yang diterapkan pada sistem untuk "memaksa" terjadinya reaksi kimia, seperti halnya sinar matahari dapat memicu produksi ozon di atmosfer kita (terima kasih, entropi).

Gagasan bahwa kehidupan adalah konsekuensi entropi adalah ide yang menarik dan menantang. Ini menunjukkan bahwa kehidupan mungkin bukan hanya hasil dari peristiwa acak, tetapi merupakan hasil dari hukum fundamental fisika.

Meskipun penelitian ini masih dalam tahap awal, penelitian ini dapat membantu kita untuk lebih memahami asal-usul kehidupan di Bumi dan di tempat lain di alam semesta.